Breaking News

Gerakan reformasi gereja di Inggris dilakukan oleh Raja Henry VIII. SEBAB Pada tahun 1534 Raja Henry VIII menobatkan dirinya sebagai raja sekaligus kepala gereja tertinggi.

Gerakan reformasi gereja di Inggris dilakukan oleh Raja Henry VIII.
SEBAB
Pada tahun 1534 Raja Henry VIII menobatkan dirinya sebagai raja sekaligus kepala gereja tertinggi.

A. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat.
B. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat.
C. Jika pernyatan salah dan alasan benar.
D. Jika pernyataan salah dan alasan benar.
E. Jika pernyataan dan alasan keduanya salah.

Jawaban yang tepat adalah A. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Pernyataan Gerakan reformasi gereja di Inggris dilakukan oleh Raja Henry VIII ialah benar karena Gerakan reformasi terjadi di Inggris yang kemudian dampaknya ialah raja akan berperan menjadi pemimpin politik sekaligus pemimpin agama. Hal ini bermula dari Raja Henry VIII yang memutuskan hubungan dengan Roma. Keputusan ini diambil sebab Gereja Katolik Roma tidak bersedia membatalkan pernikahannya dengan Catherine dari Aragon.

Alasan pada tahun 1534 Raja Henry VIII menobatkan dirinya sebagai raja sekaligus kepala gereja tertinggi ialah benar karena pada akhirnya ia melakukan sebuah gerakan reformasi gereja dengan membentuk gereja Anglikan dan menetapkan dirinya sebagai kepalanya pada tahun 1534.

Dengan demikian, gerakan reformasi gereja di Inggris dilakukan oleh Raja Henry VIII sebab pada tahun 1534 Raja Henry VIII menobatkan dirinya sebagai raja sekaligus kepala gereja tertinggi.

Daftar isi