Proses perkembangbiakan virus dikenal dengan istilah Replikasi. Ada 2 model replikasi, daur Litik dan daur Lisogenik. Tahap-tahap daur litik yang benar adalah ….

Proses perkembangbiakan virus dikenal dengan istilah Replikasi. Ada 2 model replikasi, daur Litik dan daur Lisogenik. Tahap-tahap daur litik yang benar adalah …. *
O adsorpsi – injeksi – litik – perakitan – sintesis
O adsorpsi injeksi sintesis – litik – perakitan
O adsorpsi injeksi – sintesis – perakitan- litik
O adsorpsi – perakitan sintesis – litik – injeksi
O adsorbsi sintesis injeksi – perakitan – litik

Proses perkembangbiakan virus dikenal dengan istilah Replikasi. Ada 2 model replikasi, daur Litik dan daur Lisogenik. Tahap-tahap daur litik yang benar adalah ....

Jawabannya adalah adsorpsi – injeksi – sintesis – perakitan – litik.

Proses perkembangbiakan virus dikenal dengan istilah Replikasi. Replikasi virus dilakukan dengan 2 metode, yaitu daur litik dan daur lisogenik. Daur litik adalah siklus reproduksi atau replikasi genom virus, yang pada akhirnya akan menyebabkan kematian bagi sel inang tempat virus hidup. Berikut urutan daur litik pada reproduksi virus:
1. Adsorpsi.
Pada tahap ini, bagian ujung ekor virus (reseptor) menempel pada dinding sel inang. Setelah menempel, virus akan segera mengeluarkan enzim lisozim untuk melubangi dinding sel inang.
2. Injeksi atau penetrasi.
DNA/RNA virus masuk ke dalam sel inang melalui bagian dinding sel inang yang telah dilubangi. Bagian tubuh virus yang masuk ke dalam sel inang hanyalah asam nukleat, sedangkan bagian kapsid tetap berada di luar dinding sel.
3. Sintesis atau eklifase.
Penghancuran DNA sel inang, sehingga membuat sintesis DNA inang berhenti bekerja. Setelah proses ini berhasil, DNA inang kemudian digantikan oleh DNA/RNA virus.
4. Perakitan.
Perakitan tubuh virus yang masih terpisah-pisah, seperti kepala, ekor, dan serabut ekor, menjadi virus yang utuh.
5. Lisis atau litik.
Pada tahap ini, kerja enzim lisozim tidak hanya melubangi dinding sel inang saja tetapi juga membuat dinding sel inang mengalami perpecahan. Pecahnya dinding sel inang kemudian diikuti oleh pelepasan virus-virus baru.

Baca Juga :  Berapakah arus listrik pada rangkaian di atas ​

Jadi, tahap-tahap daur litik yang benar adalah adsorpsi – injeksi – sintesis – perakitan – litik.