Struktur novel(abstrak,orientasi,komplikasi,klimaks,resolusi,koda) “memburu kurawa” karya pitoyo amrih​

Struktur novel(abstrak,orientasi,komplikasi,klimaks,resolusi,koda) “memburu kurawa” karya pitoyo amrih​

Struktur novel “Memburu Kurawa” karya Pitoyo Amrih iala sebagai berikut:

  1. Abstrak: Novel ini diawali dengan kelahiran para kurawa yang tidak lazim. keluar dari istana hastina, kemudian kisah masa kecil yang hanya diumbar saja, tanpa kasih sayang orang tua. Berlanjut hingga dewasa dan kembali ke Hastina. Dan bagaimana mereka mulai terpengaruh oleh kata-kata Sengkuni paman mereka. hingga mereka mengusir Pandawa dari kerajaan Hastina.
  2. Orientasi: Pada novel ini latar waktu yang digunakan ialah alur maju saat penjabaran mengenai kelahiran para Kurawa hingga menuju dewasa. Kemudian karakter pada setiap tokoh yang ada di novel ini juga beragam karena adanya perang yg merubah watak setiap tokoh, ada yang baik dan juga ada yang jahat.
  3. Komplikasi: salah satu peristiwa dalam novel ini ialah ketika para Kurawa mengusir Pandawa dari kerajaan Hastina yang disebabkan oleh hasutan dari kata kata Sengkuni Paman dari Para Kurawa.
  4. Evaluasi: Konflik yang terjadi pada novel ini ialah ketika Pandawa berhasil mendirikan kerajaan Amarta dan mengulurkan persahabatan, betapa angkuhnya Kurawa menolak ajakan itu dan malah menantang perang. Perang Bharatayuda di padang kurusetra.
  5. Resolusi: Hasil dari Perang Bharatayuda yaitu satu per satu para sedulur Kurawa tewas, pun dengan pasukan pandawa.
  6. Koda: Akhir dari novel ini ketika perang besar tersebut telah usai, masih pula ketegangan itu berlanjut dengan memburu kurawa. tidak untuk dibunuh melainkan untuk diajak hidup berdampingan dengan pandawa.

Pembahasan

Novel adalah sebuah karangan fiksi yang terdiri atas sebuah cerita yang memiliki alur yang utuh dan panjang, serta tidak habis dibaca dalam sekali duduk. Dalam sebuah novel, struktur yang dimiliki terdiri atas beberapa bagian, yakni: abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda. Bagian pendahuluan yang disebutkan dalam soal dikenal juga dengan nama orientasi. Dalam bagian orientasi, terdapat pengenalan mengenai latar dalam sebuah cerita.

Baca Juga :  Globalisasi menjadi pintu masuk berbagai produk yang memiliki daya komparatif dan kompetitif yang tangguh melalui pasar bebas. akibat pasar bebas dapat dilihat kemudahan akses penduduk memilih memilih berbagai produk yang dapat dijumpai di pasar bebas. Dampak positif pasar bebas bagi negara Indonesia adalah...

 

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com