Kalimat yang menggunakan pronomina penunjuk adalah ….

Kalimat yang menggunakan pronomina penunjuk adalah ….
a. Jadi Glenn Fredly yang penyanyi terkenal saja sudah repot , kenapa mau merepotkan diri berurusan dengan anak – anak muda keras kepala yang baru keluar dari kekacauan besar konflik agama ?
b. Glenn Fredly ikut hidup dengan cara dan perilaku yang menjadi identitas siapa pun yang lahir di kota kecil kami : berkumpul dan tertawa tanpa kenal waktu .
c. Glenn Fredly dalam ingatan kami , para anak muda di Ambon , tak lebih dari pelantun lagu – lagu cinta patah hati berdarah Maluku yang lahir dan besar di Jakarta .
d. Suatu hari di pengujung April 2011 , saya pernah iseng – iseng bertanya kepada Glenn Fredly perihal mengapa ia mau repot – repot pulang ke Ambon dan mengurusi banyak hal .
e. Glenn , sambil memandang Teluk Baguala yang terbuka di hadapan kami , tertawa dan berkata , ” Ini tanah air beta , ini rumah beta ! “

Jawaban yang tepat adalah E.

Perhatikan penjelasan berikut, ya.

Pronomina atau kata ganti adalah segala kata yang dipakai untuk menggantikan kata benda atau kata yang dibendakan. Salah satu bentuk pronomina adalah pronomina penunjuk.

Pronomina penunjuk merupakan kata ganti yang dipakai untuk mengacu pada tempat, waktu, atau suatu peristiwa, misalnya ini, itu, di sini, di sana, dan di situ.

Berdasarkan penjelasan di atas, kalimat yang menggunakan pronomina penunjuk adalah ‘Glenn, sambil memandang Teluk Baguala yang terbuka di hadapan kami, tertawa dan berkata, “Ini tanah air beta, ini rumah beta!”‘ Pronomina penunjuk dalam kalimat tersebut adalah kata ‘ini’ yang digunakan untuk menggantikan kata yang mengacu pada sebuah tempat, yaitu Teluk Baguala.

Baca Juga :  Apakah yang membuat Raffles memiliki perbedaan dengan gubemur-gubemur jenderal yang lain?

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.