Keseimbangan ekosistem bersifat tidak stabil dalam kondisi yang bagaimana terjadi perubahan keseimbangan lingkungan! jelaskan!

keseimbangan ekosistem bersifat tidak stabil dalam kondisi yang bagaimana terjadi perubahan keseimbangan lingkungan! jelaskan!

Ketidakseimbangan ekosistem dapat terjadi ketika komponen ekosistem terganggu, misal komponen biotik atau abiotik tidak dalam jumlah yang semestinya. Beberapa faktor yang mempengaruhi ketidakseimbangan ekosistem, meliputi bencana alam, tingkat reproduksi yang rendah ataupun aktivitas manusia yang merugikan lingkungan.
Contoh kasus tingkat reproduksi yang rendah, tikus hanya mampu bereproduksi 1 kali dalam 5 tahun terakhir. Karena rendahnya tingkat reproduksi tikus , maka akan berimbas ke ular sebagai konsumen tikus, sehinga rantai makanan terganggu dan ekosistempun ikut terganggu.
Begitu juga misal terjadi bencana maka akan mengakibatkan hewan ataupun tumbuhan banyak yang mati sehingga ekosistempun akan terganggu.
Untuk aktivitas manusia, misal penangkapan ikan menggunakan pukat harimau membuat ikan kecil ikut terjaring sehingga akan mengganggu ekosistem yang ada.

Dengan demikian, ekosistem akan terganggu jika komponen biotik atau abiotik tidak dalam jumlah yang semestinya.

Baca Juga :  Perhatikan hal-hal berikut ini. Yang menghasilkan CO2 adalah ... * 1. Fotosintesa 2. Respirasi 3. Fermentasi 4. Pembakaran sampah 5. Transpirasi.