Sukarni mengusulkan agar proklamasi dilaksanakan di lapangan ikada. alasan Ir.Soekarno tidak menyetujui usulan soekarni adalah ….

Sukarni mengusulkan agar proklamasi dilaksanakan di lapangan ikada. alasan Ir.Soekarno tidak menyetujui usulan soekarni adalah ….

Jawaban yang tepat adalah disebabkan oleh banyaknya pertimbangan , serta menghindari kerusuhan yang mungkin dilakukan oleh Angkatan Militer Jepang.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 merupakan simbol kemerdekaan Indonesia. Pembacaan proklamasi semula akan dilaksanakan di Lapangan Ikada, namun gagal. Berbagai pertimbangan, serta menghindari kerusuhan yang kemungkinan terjadi. Pada saat itu kekuatan militer Jepang masih berada di Indonesia.Awalnya Pembacaan Di Lapangan Ikada. Ir. Soekarno menolak hal tersebut karena akan menimbulkan kesalahpahaman dan bentrokan antara rakyat dengan penguasa militer Jepang.

Kemudian rumah Ir. Soekarno ditetapkan sebagai tempat pembacaan proklamasi kemerdekaan Indonesia tepatnya di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta.

Dengan demikian, Ir. Soekarno menolak usulan Sukarni karena akan menimbulkan kesalahpahaman dan bentrokan antara rakyat dengan penguasa militer Jepang.

Semoga membantu yaa.

Baca Juga :  Tentukan persamaan garis dengan m=16x+3 melalui titik (0,5)