Breaking News

Buatlah contoh rumusan masalah penelitian berdasarkan ilustrasi konflik lahan tersebut!

Kelompok petani di Desa Ngrambe melakukan demonstrasi di depan kantor kepala daerah menuntut hak untuk mengelola lahan di wilayah tersebut. Kelompok petani tersebut berkonflik dengan perusahaan perkebunan di daerah Ngrambe. Mereka menyatakan perusahaan telah mengambil 3.000 hektare lahan mereka. Akibatnya, kelompok tani kehilangan sumber mata pencarian sehingga kondisi ekonomi makin memprihatinkan. Perjuangan petani selama bertahun-tahun akhirnya membuahkan hasil dengan disahkannya peraturan daerah Ngrambe pada 2021. Dalam peraturan tersebut perusahaan menyetujui petani Ngrambe menanam karet di 1.500 hektare lahan. Selain itu, perusahaan juga menyetujui kesepakatan bagi hasil dari lahan perkebunan dengan kelompok petani Desa Ngrambe.

Buatlah contoh rumusan masalah penelitian berdasarkan ilustrasi konflik lahan tersebut!

Jawabannya adalah “Bagaimana upaya yang dilakukan oleh Kelompok Tani untuk mempertahankan hak kelola lahan pertanian di Desa Ngambe?”

Berikut penjelasannya ya!

Penelitian adalah kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum.

Salah satu bagian dari rancangan penelitian adalah rumusan masalah. Rumusan masalah merupakan pertanyaan yang akan dicarikan jawabannya melalui pengumpulan data. Berdasarkan ilustrasi pada soal, rumusan masalah yang cocok adalah “Bagaimana upaya yang dilakukan oleh Kelompok Tani untuk mempertahankan hak kelola lahan pertanian di Desa Ngambe?”

Daftar isi