Perlawanan terhadap bangsa eropa terjadi di berbagai daerah di indonesia hal ini disebabkan oleh….

Perlawanan terhadap bangsa eropa terjadi di berbagai daerah di indonesia hal ini disebabkan oleh….

Perlawanan terhadap bangsa eropa terjadi di berbagai daerah di indonesia hal ini disebabkan oleh penderitaan masyarakat Indonesia saat itu.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.
Selama ratusan tahun Indonesia menjadi negara terjajah oleh bangsa asing terutama Belanda. Dengan kurun waktu tersebut, tentunya rakyat melakukan perlawanan guna terlepas dari segala penderitaan. Praktik kolonial yang dilaksanakan oleh Belanda membuat masyarakat pada saat itu sangat menderita. Dengan tindakan sewenang-wenang, para penjajah melakukan hal-hal yang sangat merugikan rakyat demi kepentingan negaranya.

Namun disamping itu, beberapa wilayah melakukan perlawanan guna mengusir para penjajah dari tanah airnya, diantaranya ialah, Perlawanan Kesultanan Gowa atau Makassar yang terjadi pada tahun 1666-1669, Perang Padri dari tahun 1803 hingga 1838, Perang Diponegoro yang terjadi pada tahun 1825 hingga 1830, Perlawanan dari Pattimura atau disebut dengan Perang Saparua yang terjadi pada tahun 1817, serta Perang Aceh yang terjadi pada 1873 hingga 1904. Adapun latar belakang dilakukannya perlawanan jika dilihat dari segi ekonominya adalah, masyarakat senantiasa dibebankan oleh pajak, kerja secara paksa, penyerahan secara paksa yang memang itu sangat berat ditanggung oleh rakyat Indonesia saat itu.

Dengan demikian, perlawanan terhadap bangsa eropa terjadi di berbagai daerah di indonesia hal ini disebabkan oleh penderitaan masyarakat Indonesia saat itu.

Semoga membantu ya 😊

Baca Juga :  Dalam surat penawaran yang diajukan oleh satu pihak kepada pihak lain terdapat sebuah lampiran. Hal tersebut berfungsi sebagai ...