Breaking News

Jelaskan mengapa kerajaan kerajaan Islam di Nusantara bercorak maritim dan pusat kerajaan nya di sekitar pantai !

Jelaskan mengapa kerajaan kerajaan Islam di Nusantara bercorak maritim dan pusat kerajaan nya di sekitar pantai !

Alasan kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara bercorak maritim dan pusat kerajaan nya di sekitar pantai ialah karena masyarakat menitikberatkan pada aktivitas perdagangan melalui lautan dan pusat kerajaan ditempatkan agar memudahkan dalam hal pengawasan.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Laut memegang peranan yang sangat penting dalam perniagaan dunia. Melihat kondisi Indonesia misalnya saja, bahwa dua pertiga wilayah Kepulauan Indonesia berupa lautan. Tentunya kondisi tersebut melahirkan kerajaan-kerajaan maritim baik yang bercorak Hindu-Budha dan Islam.

Bahkan jauh sebelum lahirnya kerajaan, laut digunakan oleh bangsa lain untuk bermigrasi yaitu pada masa praaksara. Dengan jalur laut ini maka bangsa Indonesia dimudahkan dalam pertukaran budaya dan perkembangan ekonomi melalui perniagaan.

Kerajaan-kerajaan tersebut menitikberatkan kepada aktivitas perdagangan melalui lautan. Begitupun dengan pusat kerajaan di tempatkan dengan pantai, hal tersebut akan mendukung kegiatan perniagaan dari masyarakat dalam kerajaan tersebut. Pengawasan yang dilakukan oleh kerajaan pun akan mudah dilakukan.

Dengan demikian, alasan kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara bercorak maritim dan pusat kerajaan nya di sekitar pantai ialah karena masyarakat menitikberatkan pada aktivitas perdagangan melalui lautan dan pusat kerajaan ditempatkan agar memudahkan dalam hal pengawasan.

Semoga membantu ya 😊

Baca Juga :  Mekanisme transpor zat yang menggunakan energi adalah ....