Sebatang paku besi dimasukkan dalam gelas yang berisi air garam. Setelah dua hari paku besi menjadi berkarat. Pemyataan yang tepat mengenai unsur, senyawa dan campuran dalam peristiwa tersebut adalah …

Sebatang paku besi dimasukkan dalam gelas yang berisi air garam. Setelah dua hari paku besi menjadi berkarat. Pemyataan yang tepat mengenai unsur, senyawa dan campuran dalam peristiwa tersebut adalah …
A. paku besi yang berkarat merupakan senyawa hasil reaksi paku besi dengan Oksigen
B. paku besi yang berkarat termasuk campuran antara besi dengan air garam
C. air garam merupakan campuran heterogen antara air dengan garam
D. paku besi termasuk unsur yang tersusun dari besi dan oksigen

Jawaban yang benar adalah A. paku besi yang berkarat merupakan senyawa hasil reaksi paku besi dengan oksigen

Unsur adalah zat tunggal atau zat murni yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat yang lebih sederhana melalui reaksi kimia.

Gabungan dua unsur atau lebih melalui reaksi kimia disebut dengan senyawa. Senyawa juga dapat diartikan sebagai suatu zat tunggal yang dapat diuraikan menjadi zat-zat lain yang lebih sederhana melalui reaksi kimia. Contoh senyawa yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah air.

Campuran adalah suatu zat yang terbuat dari gabungan dua atau lebih zat yang berbeda tanpa melalui reaksi kimia. Gabungan zat-zat ini bisa berupa senyawa dengan senyawa, unsur dengan unsur, atau senyawa dengan unsur. Namun, zat tersebut tidak dapat bersatu secara kimiawi karena masih mempertahankan sifat aslinya.

Reaksi paku besi menjadi berkarat merupakan hasil reaksi yang terjadi antara unsur besi dengan gas oksigen. Reaksi antara unsur besi (Fe) dengan oksigen (O2) menghasilkan Fe2O3 yang disebut sebagai karat besi dan dalam reaksi tersebut dilibatkan juga larutan garam yang merupakan campuran dari air (H2O) dan garam dapur (NaCl).

Baca Juga :  Diketahui f(x) 4 - 1/2 x nilai dari f-¹ (-1) adalah....

Dengan demikian, pernyataan yang tepat mengenai unsur, senyawa dan campuran dalam peristiwa tersebut adalah paku besi yang berkarat merupakan senyawa hasil reaksi paku besi dengan oksigen.