Perhatikanlah reaksi kesetimbangan : CaCO3(s) ⇋ CaO(s) + CO2(g)! Jika keadaan gas pada keadaan setimbang 0,75 atm, tentukanlah Kp!

Perhatikanlah reaksi kesetimbangan :
CaCO3(s) ⇋ CaO(s) + CO2(g)!
Jika keadaan gas pada keadaan setimbang 0,75 atm, tentukanlah Kp!

Jadi, nilai Kp pada reaksi kesetimbangan adalah 0,75 atm.

Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut.

Rumus tetapan kesetimbangan KP merupakan perbandingan (hasil bagi) antara tekanan parsial (PX) zat-zat ruas kanan dengan tekanan parsial zat ruas kiri yang dipangkatkan dengan koefisien masing-masing.

Hanya zat yang berfasa gas (g) yang diperhitungkan dalam rumus tetapan kesetimbangan Kp. Zat dengan fasa selain gas (S, l, dan aq) tidak dicantumkan dalam rumus tetapan kesetimbangan, tetapi diberi nilai = 1.

Pada penentuan Kp untuk reaksi ini, fase yang diperhitungkan dapat mempengaruhi tetapan adalah gas, sehingga pada reaksi ini hanya pengaruh gas CO2. Diketahui bahwa dalam kesetimbangan terdapat 0,75 atm, artinya ini merupakan tekanan dari CO2.

Menentukan Kp
Kp = P CO2
Kp = 0,75 atm

Dengan demikian, nilai Kp pada reaksi kesetimbangan adalah 0,75 atm.

Baca Juga :  6. Ayo nyritakake isine Gathotkaca Gugur nganggo basamudh Ora ana salahe kowe nggunakake basa padinanmu. Sadun nyritakake luwih dawa diwiwiti gawe ukara saka tembung angel-angel dhisik. Tuladha: tumbal → Gathotkaca rila gugur dadi tumbal ing peperangan. A. Telukane d. Nerak g. Wisudha b. Muntab e. Palereman h. Pralaya c. Madeg senapati f. Cidra i. Sukma​.