Cermati teks berikut. Daun semanggi adalah jenis daun paku air yang sering ditemukan di daerah persawahan dan atau tepi sungai serta kawasan yang lembap dengan ciri khas yang dimilikinya. Ciri khas dari daun ini adalah bentuknya yang seperti payung dengan daun yang berjumlah empat pada setiap tangkainya. Daun semanggi sering digunakan untuk bahan pecel yang khas dari daerah Surajaya dan jenis makanan lainnya. rasanya yang segar membuat daun ini disukai oleh banyak orang. Ide pokok teks tersebut adalah ….

Cermati teks berikut.

Daun semanggi adalah jenis daun paku air yang sering ditemukan di daerah persawahan dan atau tepi sungai serta kawasan yang lembap dengan ciri khas yang dimilikinya. Ciri khas dari daun ini adalah bentuknya yang seperti payung dengan daun yang berjumlah empat pada setiap tangkainya. Daun semanggi sering digunakan untuk bahan pecel yang khas dari daerah Surajaya dan jenis makanan lainnya. rasanya yang segar membuat daun ini disukai oleh banyak orang.

Ide pokok teks tersebut adalah ….

Jawaban yang benar adalah ide pokok teks tersebut adalah ciri khas daun semanggi.

Mari cermati pembahasan berikut ini!

Ide pokok adalah ide utama atau inti pembahasan dari sebuah paragraf. Ide pokok bisa disebut juga gagasan utama, topik, tema, pokok pikiran, dan lainnya. Ide pokok bisa terletak di awal paragraf, di akhir, atau di awal dan di akhir (campuran). Ciri ide pokok di awal kalimat adalah mengungkapkan pernyataan umum, sedangkan ide pokok di akhir kalimat berisi kesimpulan, cirinya adalah terdapat kata seperti jadi, oleh karena itu, maka, dengan demikian, dan lain-lain.

Cara menentukan ide pokok adalah sebagai berikut.
1. Lihatlah kalimat terakhir paragraf! Apakah termasuk kesimpulan?
2. Jika tidak ada kesimpulan di akhir paragraf, maka ide pokok ada di awal paragraf.

Berdasarkan soal di atas, ide pokok terdapat di awal kalimat karena kalimat awal mengungkapkan pernyataan umum mengenai definisi daun semanggi. Kutipannya adalah “Daun semanggi adalah jenis daun paku air yang sering ditemukan di daerah persawahan dan atau tepi sungai serta kawasan yang lembap dengan ciri khas yang dimilikinya.” Kalimat tersebut mengungkapkan tentang ciri khas yang dimiliki daun semanggi.

Baca Juga :  Perhatikan prisma segitiga ABC.DEF di bawah ini!

Jadi, ide pokok teks tersebut adalah ciri khas daun semanggi.

Semoga membantu ya:)