Lilo dan lily melakukan praktikum – reaksi redoks di laboratorium. lifo dana lily mereaksikan KMnO4 dengan- H2C2O4 dengan bantuan H2SO4(dalam- suasana asam). adapun reaksi- lengkapnya yaitu:2KMnO4 + 5 H2C2O4 + 3 H2SO4 → K2SO4 + 2MnSo4 + 10CO2+H2O Tentukan Hsil oksidasi dan hasil reduksi

Lilo dan lily melakukan praktikum – reaksi redoks di laboratorium. lifo dana lily mereaksikan KMnO4 dengan- H2C2O4 dengan bantuan H2SO4(dalam- suasana asam). adapun reaksi- lengkapnya yaitu:2KMnO4 + 5 H2C2O4 + 3 H2SO4 → K2SO4 + 2MnSo4 + 10CO2+H2O
Tentukan
Hsil oksidasi dan hasil reduksi

Jawaban: Hasil oksidasinya adalah CO₂ dan hasil reduksinya adalah MnSO₄.

Reaksi redoks adalah reaksi yang mengalami perubahan bilangan oksidasi. Reaksi redoks terdiri dari reduksi dan oksidasi.
1. Reduksi ditandai dengan penurunan bilangan oksidasi, penyerapan elektron, dan pelepasan oksigen. Zat yang mengalami reduksi disebut oksidator.
2. Oksidasi ditandai dengan kenaikan bilangan oksidasi, pelepasan elektron, dan pengikatan oksigen. Zat yang mengalami oksidasi disebut reduktor.

Bilangan oksidasi adalah bilangan yang menyatakan jumlah muatan yang disumbangkan oleh atom atau unsur tersebut pada molekul atau ion yang dibentuknya. Aturan penentuan bilangan oksidasi adalah sebagai berikut:
1. Biloks unsur bebas adalah nol.
2. Biloks unsur golongan IA (Li, Na, K, Rb, Cs, Fr) adalah +1.
3. Biloks hidrogen dalam senyawanya adalah +1, kecuali saat berikatan dengan logam biloksnya -1.
4. Biloks oksigen dalam senyawanya adalah -2, kecuali saat berada dalam senyawa peroksida biloksnya -1.
5. Jumlah bilangan oksidasi molekul sama dengan jumlah muatannya.
Penentuan biloks dapat dilihat pada gambar terlampir ya.

Berdasarkan penentuan biloks tersebut, KMnO₄ mengalami reduksi, sehingga hasil reduksinya MnSO₄. Sementara H₂C₂O₄ mengalami oksidasi, sehingga hasil oksidasinya adalah CO₂.

Dengan demikian, hasil oksidasinya adalah CO₂ dan hasil reduksinya adalah MnSO₄.

Lilo dan lily melakukan praktikum - reaksi redoks di laboratorium. lifo dana lily mereaksikan KMnO4 dengan- H2C2O4 dengan bantuan H2SO4(dalam- suasana asam). adapun reaksi- lengkapnya yaitu:2KMnO4 + 5 H2C2O4 + 3 H2SO4 → K2SO4 + 2MnSo4 + 10CO2+H2O Tentukan Hsil oksidasi dan hasil reduksi

Baca Juga :  Masyarakat banyak memanfaatkan Lilium sp sebagai …