Breaking News

Jaringan tulang rawan yang lokasinya terdapat di telinga bagian luar, epiglotis, dan laring adalah ….

Jaringan tulang rawan yang lokasinya terdapat di telinga bagian luar, epiglotis, dan laring adalah ….
a. tulang rawan elastik
b. tulang rawan fibrosa
c. tulang rawan hialin
d. tulang rawan kartilago
e. tulang rawan statis

Jawaban yang tepat adalah a. tulang rawan elastik.

Jaringan tulang rawan (kartilago) tersusun atas sel-sel tulang rawan dan berfungsi untuk memberi sokongan pada awal embrio, menunjang jaringan lunak dan organ dalam dan melicinkan permukaan tulang dan sendi. Jaringan tulang rawan dibedakan menjadi tiga, yaitu :
1. Jaringan tulang rawan hialin, memiliki matriks berwarna putih kebiruan, jernih dan transparan. Jaringan ini terdapat di pembuluh bronkus, laring, trakea, dan ujung tulang rusuk yang melekat pada tulang dada. Jarinngan tulang rawan berfungsi menguatkan jalannya pernapasan dan membantu pertumbuhan tulang panjang.

2. Jaringan tulang rawan fibrosa, memiliki matriks yang gelap dan keruh. Jaringan ini terletak di persendian tulang pinggang dan cakram antar ruas tulang belakang. Jaringan tulang rawan fibrosa berfungsi untuk memberi sokongan dan proteksi.

3. Jaringan tulang rawan elastis, memiliki matriks berwarna keruh kekuning-kuningan. Jaringan ini terletak di telinga bagian luar (daun telinga), epiglotis, pembuluh eustachius, dan laring. Jaringan tulang rawan elastis berfungsi untuk memberi sokongan dan fleksibilitas.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah a. tulang rawan elastik.

Baca Juga :  Saat orang berenang di laut kemudian tenggelam akan mengalami gangguan pada organ pernapasannya karena....