Tentukan informasi penting yang terdapat dalam teks tersebut!

Air merupakan kebutuhan makhluk hidup yang paling utama, dan biasanya dapat kita peroleh dan sungai, danau, dan waduk Sungai Sa’dan adalah salah satu penyedia sumber air terbesar sangat memengaruhl kehidupan masyarakat di Toraja. Selain digunakan untuk sumbor air baku PDAM Toraja Utara, air yang berasal dari sungai tersebut juga digunakan untuk irigasi dan pembangkit listrik di Toraja Utara. Akan tetap, timbul pertanyaan mengenai kualitas air di sungai Sa’dan masih dapatkah dikategorikan baik dan dapat dikonsumsi masyarakat.

Pencemaran air merupakan masalah penting yang marak terjadi belakangan ini, bdak terkecuali Sungai Sa’dan Sungai Sa’dan yang dahulu memiliki warna jernih, kini menjadi keruh. Masih ada juga masyarakat yang membuang sampah di badan air sungai sehingga menimbulkan berbagai masalah seperti adanya bau yang tidak sedap dari air sungai, ribuan ekor ikan yang mati, dan air sungai tercemar bakteri berbahaya sehingga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Berbagai upaya dapat dilakukan untuk mongurangi pencernaran sungai. Salah satunya adalah dengan cara monitoring kualitas lingkungan. Dengan dilakukannya monitoring, diharapkan dapat diketahui kualitas dan kuantitas dari sungai tersbeut sehingga dapat diketahui cara penangannya yang terbaik untuk mengatasi permasalahan di sungai itu sendiri. Selain upaya monitoring dapat dilakukan beberapa stratagi alternatif untuk mencegah pencemaran lebih lanjut. Pemerintahan Kabupaten Toraja Utara dapat melakukan sosialiasi kepada masyarakat tentang petingnya menjaga kualitas air sungai. Selain itu, Pemerintah perlu meningkatkan pengawasan secare rutin dan berkelanjutan. Masyarakat juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran diri dalam menjaga kualitas Iingkungan karena lingkungan yang baik dapat membawa dampak yang baik juga bagi kehidupan sehari-hari.

Tentukan informasi penting yang terdapat dalam teks tersebut!

Informasi penting dalam teks tersebut (1) Paragraf 1: Air merupakan kebutuhan makhluk hidup yang paling utama; (2) Paragraf 2: Pencemaran air menjadi masalah yang marak terjadi belakang ini; dan (3) Paragraf 3: Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengurangi pencemaran sungai ialah memonitoring kualitas lingkungan.

Baca Juga :  Berapa hasil dari √196

Mari kita simak pembahasan berikut ini ya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), informasi berarti suatu pemberitahuan, kabar, atau berita tentang sesuatu.

Jenis-jenis informasi sebagai berikut.
1. Informasi tersirat, yaitu informasi yang tersembunyi atau tidak secara langsung diungkapkan kepada pembaca.
2. Informasi tersurat, yaitu informasi yang diberitahukan secara langsung atau terang-terangan.

Langkah-langkah menemukan informasi sebagai berikut.
1. Membaca keseluruhan teks secara cermat dan teliti.
2. Mencari ide pokok teks.
3. Mencari kata kunci pada teks.
4. Mencari arti kata-kata yang belum dipahami pada teks.
5. Merumuskan informasi teks berdasarkan ide pokok dan kata kunci yang telah ditentukan.

Informasi penting dalam teks tersebut sebagai berikut.
1. Pada paragraf pertama, informasi pentingnya ialah “Air merupakan kebutuhan makhluk hidup yang paling utama.” Hal ini dapat dibuktikan pada kalimat utama “Air merupakan kebutuhan makhluk hidup yang paling utama, dan biasanya dapat kita peroleh dan sungai, danau, dan waduk Sungai Sa’dan adalah salah satu penyedia sumber air terbesar sangat memengaruhi kehidupan masyarakat di Toraja.”
2. Pada paragraf kedua, informasi pentingnya ialah “Pencemaran air menjadi masalah yang marak terjadi belakang ini.” Hal ini dapat dibuktikan pada kalimat utama “Pencemaran air merupakan masalah penting yang marak terjadi belakangan ini, tidak terkecuali Sungai Sa’dan Sungai Sa’dan yang dahulu memiliki warna jernih, kini menjadi keruh.”
3. Pada paragraf ketiga, informasi pentingnya ialah “Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengurangi pencemaran sungai ialah memonitoring kualitas lingkungan.” Hal ini dapat dibuktikan pada kalimat “Berbagai upaya dapat dilakukan untuk mengurangi pencemaran sungai. Salah satunya adalah dengan cara monitoring kualitas lingkungan.”

Dengan demikian, informasi penting dalam teks tersebut (1) Paragraf 1: Air merupakan kebutuhan makhluk hidup yang paling utama; (2) Paragraf 2: Pencemaran air menjadi masalah yang marak terjadi belakang ini; dan (3) Paragraf 3: Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengurangi pencemaran sungai ialah memonitoring kualitas lingkungan.

Baca Juga :  Karangan yang dibuat berdasarkan fakta, realita, atau peristiwa yang benar-benar terjadi disebut karangan….

Daftar isi