Sebutkan dan jelaskan kualitas seperti apa yang di harapkan di dalam perangkat lunak!

Sebutkan dan jelaskan kualitas seperti apa yang di harapkan di dalam perangkat lunak!

Jawaban:

 

Faktor kualitas menurut ISO 9126 meliputi enam karakteristik kualitas sebagai berikut:

 

1. Functionality (Fungsionalitas). Kemampuan perangkat lunak untuk menyediakan fungsi sesuai kebutuhan user dan memuaskan user.

 

2. Reliability (Kehandalan). Kemampuan perangkat lunak untuk mempertahankan tingkat kinerja tertentu/ performance dari software (ex: akurasi, konsistensi, kesederhanaan, toleransi kesalahan).

 

3. Usability (Kebergunaan). Kemampuan perangkat lunak untuk dipahami, dipelajari, digunakan, dan menarik bagi pengguna.

 

4. Efficiency (Efisiensi). Kemampuan perangkat lunak untuk memberikan kinerja yang sesuai dan relatif terhadap jumlah sumber daya yang digunakan pada saat keadaan tersebut (ex: efisiensi penyimpanan).

 

5. Maintainability (Pemeliharaan). Kemampuan perangkat lunak untuk dimodifikasi. Modifikasi meliputi koreksi, perbaikan atau adaptasi terhadap perubahan lingkungan, persyaratan, dan spesifikasi fungsional (ex: konsistensi).

 

6. Portability (Portabilitas). Kemampuan perangkat lunak untuk ditransfer dari satu lingkungan ke lingkungan lain atau kemampuan software beradaptasi saat digunakan di area tertentu (ex: self documentation, teratur).

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com

Baca Juga :  Garam sering digunakan sebagai bumbu untuk memasak. Selain Selain menambah cita rasa makanan, kandungan mineral di dalam garam juga membantu metabolisme tubuh. Mineral yang terkandung di dalam garam juga akan mencegah seseorang mengalami keterlambatan pertumbuhan dan mencegah dari penyakit gondok. Kandungan mineral yang terdapat di dalam garam adalah ...