Program P4 pedoman penghayatan dan pengamalan Pancasila merupakan langkah yang diambil sebagai upaya untuk mengembalikan kemurnian nilai nilai Pancasila dalam tata pemerintahan pada era ?….

Program P4 pedoman penghayatan danpengamalan Pancasila merupakan langkah yang diambil sebagai upaya untuk mengembalikan kemurnian nilai nilai Pancasila dalam tata pemerintahan pada era ?….

Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (disingkat P4) atau Eka Prasetya Pancakarsa merupakan pedoman pengamalan Pancasila dalam kehidupan berbangsa pada masa Orde Baru. Pedoman P4 ini tertuang dalam Ketetapan MPR No. II/MPR/1978 tentang Ekaprasetia Pancakarsa. Ini menguraikan lima sila Pancasila dengan 36 poin praktik sebagai pedoman praktis untuk menerapkan Pancasila.

Pembahasan

Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (disingkat P4) atau Eka Prasetya Pancakarsa merupakan pedoman pengamalan Pancasila dalam kehidupan berbangsa pada masa Orde Baru. Pedoman P4 ini tertuang dalam Ketetapan MPR No. II/MPR/1978 tentang Ekaprasetia Pancakarsa. Ini menggambarkan 5 sila Pancasila dengan 36 poin tindakan dan pedoman praktis untuk menerapkan Pancasila. Produk hukum ini termasuk dalam Ketetapan MPR No. II/MPR/1978, ditetapkan dengan Ketetapan MPR No. XVIII/MPR/1998 dan dikeluarkan berdasarkan Ketetapan MPR No. I/MPR/2003, Ketetapan MPR Kelompok. Dalam perkembangannya, 36 pasal Pancasila berkembang dari BP7 menjadi 45 pasal. Belum ada penelitian yang dipublikasikan sampai saat ini apakah poin-poin tersebut benar-benar dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari warga negara Indonesia.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com

Baca Juga :  Diketahui x1 dan x2 merupakan akar-akar dari persamaan kuadrat x² + x – 12 = 0. Hasil dari 3x1 – x2 jika x1 > x2 adalah..