39. salah satu contoh perwujudan nilai luhur pancasila dalam lingkungan berbangsa dan bernegara adalah ….. a. memaksakan kehendak orang lain b. lebih mendahulukan hak dari pada kewajiban c. tidak melakukan diskriminasi terhadap suku dan ras lain d. tidak peduli terhadap kondisi masyarakat yang terkena bencana

39. salah satu contoh perwujudan nilai luhur pancasila dalam lingkungan berbangsa dan bernegara adalah …..

a. memaksakan kehendak orang lain

b. lebih mendahulukan hak dari pada kewajiban

c. tidak melakukan diskriminasi terhadap suku dan ras lain

d. tidak peduli terhadap kondisi masyarakat yang terkena bencana

Nilai luhur perumusan Pancasila bagi bangsa Indonesia merupakan wujud nilai dari kebersamaan. Nilai kebersamaan ini, dalam perumusan dasar negara Indonesia sudah terlihat sejak masa persiapan kemerdekaan negara Indonesia.

Jawaban yang tepat untuk soal diatas adalah c. Tidak melakukan diskriminasi terhadap suku dan ras lain.

 

Pembahasan :

Nilai luhur pada dasarnya merupakan nilai-nilai yang mampu untuk membentuk pribadi, moral, dan etika, sehingga dalam perbuatannya mencerminkan sifat budi luhur yang baik. Nilai-nilai luhur yang terkandung pada kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa merupakan nilai religius, nilai moral, nilai estetika dan lain sebagainya.

Perwujudan nilai luhur pancasila dalam lingkungan berbangsa dan bernegara sangat banyak sekali, dan harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, demi terwujudnya bangsa yang solid.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com

Baca Juga :  Dalam suatu permainan, dua orang anak bermain sebayak lima kali dan memperoleh skor sebagai berikut. Siapakah yang mendapatkan skor tertinggi ?