38. pihak sekolah mengumumkan perihal kegiatan study tour ke luar kota yang akan diselenggarakan tiga bulan lagi. olfi bingung dan takut ketika harus memberitahukan hal tersebut kepada orang tuanya. ia sadar bahwa kondisi keluarganya sangat sederhana. namun, olfi memberanikan diri berbicara kepada orang tuanya terkait hal tersebut. meski berat, orang tuanya menyanggupi untuk membayar biaya study tour tesebut agar olfi dapat belajar banyak hal. berdasarkan kasus tersebut, penerapan nilai pancasila terjadi di lingkungan ….. a. keluarga b. sekolah c. masyarakat luas d. tempat tinggal

38. pihak sekolah mengumumkan perihal kegiatan study tour ke luar kota yang akan diselenggarakan tiga bulan lagi. olfi bingung dan takut ketika harus memberitahukan hal tersebut kepada orang tuanya. ia sadar bahwa kondisi keluarganya sangat sederhana. namun, olfi memberanikan diri berbicara kepada orang tuanya terkait hal tersebut. meski berat, orang tuanya menyanggupi untuk membayar biaya study tour tesebut agar olfi dapat belajar banyak hal. berdasarkan kasus tersebut, penerapan nilai pancasila terjadi di lingkungan …..

a. keluarga b. sekolah

c. masyarakat luas d. tempat tinggal

Penerapan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat merupakan upaya yang harus dilakukan untuk mengimplementasikan atau menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat. Sesuai dengan tujuan dan cita-cita Pancasila salah satunya adalah untuk menciptakan harmonisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pada contoh kasus diatas, merupakan contoh penerapan Pancasila di lingkungan a. Keluarga

 

Pembahasan :

Penerapan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat merupakan upaya yang harus dilakukan untuk mengimplementasikan atau menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat.

Contoh sikap yang menerapkan Pancasila di keluarga :

  • Bersikap adil pada seluruh anggota keluarga.
  • Saling berbagi dengan saudara di rumah.
  • Adil dalam melaksanakan hak dan juga kewajiban di rumah.
  • Menghormati hak dari anggota keluarga lain.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com

Baca Juga :  Proses pencernaan yang terjadi di rongga mulut dapat berlangsung secara kimiawi dengan bantuan enzim ptialin sebagai katalisatornya. Zat yang dicerna oleh enzim tersebut adalah …. *