Penulisan judul karya ilmia

Penulisan judul karya ilmia

Penulisan judul karya ilmiah yang tepat adalah ditulis berdasarkan topik yang diangkat dan mengikuti kaidah penulisan huruf kapital dalam judul.

Untuk memahami alasannya, mari simak pembahasan berikut.

Judul adalah nama yang dipakai dalam sebuah artikel, buku, bab yang ada dalam buku, berita, dan lain-lain. Judul disebut juga dengan kepala tulisan. Judul harus memuat isi teks.

Cara penulisan judul yang tepat berdasarkan Pedoman Umum Ejaaan Bahasa Indonesia (PUEBI) adalah sebagai berikut.
1. Menulis setiap awal kata dengan huruf kapital, terutama huruf pada kata paling depan. Aturan ini berlaku untuk hampir semua jenis kata termasuk nama, tempat, sifat, dan keterangan.
2. Gunakan huruf nonkapital untuk preposisi. Preposisi adalah kata depan yang diikuti oleh kata lainnya. Contoh kata preposisi, yaitu di, ke, pada, dalam, yaitu, kepada, daripada, untuk, bagi, ala, bak, tentang, mengenai, sebab, secara, terhadap, dan sebagainya.
3. Gunakan huruf nonkapital untuk konjungsi. Konjungsi adalah nama lain dari kata sambung. Contoh kata konjungsi, yaitu dan, atau, tetapi, yang, ketika, seandainya, supaya, pun, seperti, oleh, karena, sehingga, bahwa, kalau, untuk, kemudian.
4. Gunakan huruf nonkapital untuk interjeksi. Interjeksi adalah istilah lain untuk kata seru yang mengungkapkan isi hati dari si pembicara. Kata ini relatif jarang ditemui pada judul karya-karya tulis serius, tetapi banyak menjadi pilihan untuk narasi yang bersifat ekspresif. Contoh interjeksi adalah Alhamdulillah, duh, ih, cih, yuk, wah, wow, amboi, ah, lho, dan lain-lain.
5. Kaidah penulisan huruf kapital pada kata ulang murni (dwilingga) dan kata ulang semu harus ditulis dengan huruf kapital di setiap awal katanya karena sifatnya yang bisa dibilang tidak mengalami perubahan apapun.
6. Bentuk kata ulang sebagian, kata ulang berimbuhan, kata ulang dwipurwa, dan kata ulang perubahan semua yang sederhananya sudah mengalami perubahan bentuk hanya ditulis kapital pada huruf pertama kata ulang.

Baca Juga :  Apa yang dimaksud dengan pernyataan penjelas.​

Contoh penulisan judul karya ilmiah adalah:
1) Perbedaan Kandungan Vitamin C Ekstrak Daun Kelor di Beberapa Tempat dengan Ketinggian Berbeda di Kota Baubau.
2) Peningkatan Efektivitas Kepemimpinan Model Tranformasional di Perusahaan Jasa.

Dengan demikian, penulisan judul karya ilmiah yang tepat adalah ditulis berdasarkan topik yang diangkat dan mengikuti kaidah penulisan huruf kapital dalam judul.

Semoga membantu ya 😊