Tuliskan informasi tentang negara Filipina dan Laos

Tuliskan informasi tentang negara Filipina dan Laos

1. Filipina
– keadaan alam
Luas wilayah Filipina ± 300.000 km². Filipina merupakan negara kepulauan, jumlah penduduknya ± 7.100 jiwa. Pulau Luzon dan Pulau Mindanao adalah pulau-pulau terbesar di Filipina. Kepulauan Filipina termasuk daerah pegunungan Lipatan Pasifik, banyak gunung api yang masih aktif. Gunung tertinggi di Pulau Luzon adalah Gunung Mayon (2.421 MDPL) dan gunung tertinggi di Pulau Mindanao adalah Gunung Apo (1.954 mdpl).

– bentuk pemerintahan
Bentuk negara Filipina adalah republik. Ibukotanya Manila. Kepala negara nya Presiden. Lagu kebangsaan “Lupang Hinirang”. Mata uang Filipina adalah Peso.
Presiden Filipina saat ini adalah Bongbong Marcos.

– Kegiatan ekonomi
Mayoritas penduduknya bermatapencaharian sebagai pertanian. Filipina dijuluki “Home of The Green Revolution” (Rumah Revolusi Hijau). Revolusi Hijau adalah gerakan perubahan dlm sistem pertanian agar menghasilkan padi yg berkualitas tinggi dlm waktu cepat. Di Los Banos terdapat Balai Penelitian Padi Internasional.

 

2. Laos
– keadaan alam
Laos terletak di Semenanjung Indochina. Luas negara Laos sekitar 236.800 km². Negara Laos dikelilingi pegunungan dan hutan lebat. Pegunungan dan dataran tinggi terdapat di sebelah Utara yg membentang di sepanjang batas timur. Laos merupakan satu satunya negara di kawasan Asia tenggara yang tidak memiliki laut. Negara ini populer dengan sebutan “The Land Locked Country” yaitu tanah terkunci karena terkepung oleh 5 negara (Myanmar dan Republik Rakyat Tiongkok di sebelah barat laut, Vietnam di Timur, Kamboja di Selatan, dan Thailand di sebelah Barat .

– bentuk pemerintahan
Bentuk negara Laos adalah republik dengan ibukota nya Vientiane. Kepala negaranya adalah presiden. Kepala pemerintahan nya adalah perdana menteri. Mata uang Laos adalah “New Kip”. Bahasa nasional Laos adalah “Bahasa Laos”. Presiden Laos saat ini adalah Thongloun Sisoulith.

Baca Juga :  80+20=

– kegiatan ekonomi
Mata pencaharian utama penduduk Laos adalah pertanian. kegiatan bertani banyak dilakukan di sekitar sungai Mekong. Hasil utama pertanian Laos adalah padi dan jagung. Selain pertanian, kegiatan ekonomi penduduk Laos adalah berternak. Hasil ternak Laos antara lain; sapi, babi, kerbau, dan unggas.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com