Apa perbedaan zat tunggal dan zat campuran

apa perbedaan zat tunggal dan zat campuran

Jawabannya yaitu Zat tunggal hanya memiliki satu jenis zat saja. Sedangkan zat campuran memiliki dua atau lebih jenis zat. Zat tunggal tidak bisa diuraikan, sedangkan zat campuran bisa diuraikan.

Yuk simak penjelasan berikut ini!

Zat tersusun dari beberapa partikel penyusun yang dibedakan menjadi dua, yaitu zat tunggal dan campuran. Zat tunggal adalah materi yang terdiri atas satu jenis zat saja. Zat tunggal tidak bisa diuraikan. Contohnya oksigen yang merupakan zat tunggal yang tidak berwarna dan tidak berbau. Zat tunggal dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu unsur dan senyawa. Zat campuran adalah suatu zat yang tidak murni dan terdiri dari berbagai jenis elemen yang digabungkan secara fisika ataupun kimia. Walau terdiri atas dua zat atau lebih, zat campuran masih memiliki sifat asli dari unsurnya. Zat campuran bisa disebut juga dengan zat tidak murni. Zat campuran dibagi lagi menjadi 2 , yaitu campuran homogen atau heterogen. Zat campuran ini masih bisa diuraikan lagi menjadi zat tunggal.

Jadi, perbedaan zat tunggal dan zat campuran adalah zat tunggal hanya memiliki satu jenis zat saja. Sedangkan zat campuran memiliki dua atau lebih jenis zat. Zat tunggal tidak bisa diuraikan, sedangkan zat campuran bisa diuraikan.

Semoga membantu:)

Baca Juga :  Perkalian pecahan campuran dengan pecahan campuran 2 2/9×1 2/3​