Tingkatan manajemen dalam organisasi dibagi menjadi …

Tingkatan manajemen dalam organisasi dibagi menjadi …
a. 2 tingkatan
b. 3 tingkatan
c. 4 tingkatan
d. 5 tingkatan
e. 6 tingkatan

Jawaban yang benar adalah B. 3 tingkatan.

Pembahasan:
Manajemen merupakan seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengordinasian, dan pengendalian/pengawasan atas sumber daya, terutama sumber daya manusia, untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Tingkatan manajemen yang terbagi dalam:
1. Manajemen Puncak (Top Management)
Manajemen puncak harus memiliki keterampilan konsep dengan tugas untuk memimpin organisasi atau perusahaan secara keseluruhan agar dapat membentuk tim kerja yang baik. Manajemen puncak terdiri atas Dewan Direktur atau Eksekutif, Presiden Direktur, Direktur, Kepala Perwakilan, dan Kepala Divisi.
2. Manajemen Menengah (Middle Management)
Manajemen menengah menjadi penghubung antara manajemen puncak dengan manajemen lini pertama. Manajemen menengah atau dalam profesinya adalah manajer menengah tugasnya membawahi dan mengarahkan kegiatan-kegiatan para manajer lainnya atau bisa juga karyawan operasional. Sebagai contoh, Manajer Cabang, Kepala Pengawas, Kepala Departemen, Kepala Bagian, dan lain-lain.
3. Manajemen Lini Pertama (First-Line Management)
Manajemen lini pertama harus memiliki keterampilan teknis yang bertanggung jawab memimpin dan mengawasi tenaga operasional. Manajemen lini pertama berhubungan langsung dengan tenaga operasional atau karyawan. Contohnya adalah mandor dalam pabrik, kepala seksi yang langsung membawahi tenaga pengetik dan tenaga administrasi dalam kantor yang besar, atau pengawas teknis dalam suatu perusahaan otomotif.

Jadi, tingkatan manajemen dalam organisasi dibagi menjadi B. 3 tingkatan.

Baca Juga :  Sepotong senar panjangnya 1,2 m dan massa jenisnya 0,002 kg/m.ujung saahstu digetarkan ujung lain digantungi beban sebesar 0,9 N ketika senar digetarkan.hitung cepat rambat gelombangnya?