Pentingnya Sumpah Pemuda bagi persatuan dan kesatuan bangsa adalah….

Pentingnya Sumpah Pemuda bagi persatuan dan kesatuan bangsa adalah….
a. untuk memperoleh dukungan dari rakyat
b. menumbuhkan rasa cinta tanah air
c. memperlihatkan keberanian pemuda Indonesia
d. memperlihatkan keinginan pemuda menjadi pemimpin

Jawaban yang tepat adalah B menumbuhkan rasa cinta tanah air.

Simak pembahasan berikut.

Sumpah pemuda tercipta dari Kongres Pemuda II yang diselenggarakan dua hari, yaitu pada tanggal 27-28 Oktober tahun 1928. Sumpah pemuda lahir di Batavia (Jakarta) pada 28 Oktober 1928, isinya yaitu sumpah para pemuda yang menegaskan cita-cita akan adanya “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”.

Kemerdekaan Indonesia didapatkan dari perjuangan ratusan tahun yang melibatkan pengorbanan nyawa dan harta benda rakyat. Arti penting Sumpah Pemuda pun yaitu sebagai cerminan rasa cinta pemuda dan pemudi pada bangsa Indonesia. Tindakan yang nyata dan tulus merupakan wujud dari rasa cinta kepada tanah air. Termasuk pula mencintai keragaman budaya, agama dan masyarakat.

Sesuai dengan penjelasan di atas maka pentingnya Sumpah Pemuda bagi persatuan dan kesatuan adalah menumbuhkan rasa cinta tanah air.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B menumbuhkan rasa cinta tanah air.

Baca Juga :  Habitat beruang kutub berkurang secara signifikan setiap tahun. Hal ini mengakibatkan populasi beruang kutub menurun. Dampak besar mengenai hal ini disebabkan oleh...