5. Perhatikan beberapa aktivitas makhluk hidup berikut! 1) Manusia mengeluarkan keringat 2) Tunas tumbuhan tumbuh ke arah cahaya 3) Lumba-lumba secara periodik muncul ke permukaan air 4) Daun putri malu mengatup setelah di sentuh Ciri makhluk hidup bergerak dan bernafas berturut-turut ditunjukkan oleh nomor…

5. Perhatikan beberapa aktivitas makhluk hidup berikut!
1) Manusia mengeluarkan keringat
2) Tunas tumbuhan tumbuh ke arah cahaya
3) Lumba-lumba secara periodik muncul ke permukaan air
4) Daun putri malu mengatup setelah di sentuh
Ciri makhluk hidup bergerak dan bernafas berturut-turut ditunjukkan oleh nomor…
A. 1 dan 2
C. 2 dan 4
B. 2 dan 3
D. 3 dan 4

Jawaban yang benar adalah B. 2 dan 3.

Makhluk hidup dapat dikatakan hidup karena memiliki beberapa ciri, diantaranya yaitu bergerak dan bernapas. Makhluk hidup melakukan pergerakan baik pergerakan dalam bentuk perpindahan posisi maupun pergerakan tanpa adanya perpindahan posisi. Dan makhuk hidup bernapas untuk memperoleh oksigen yang akan digunakan sebagai bahan bakar untuk perombakan nutrisi menjadi energi.

Pada soal, (2) tunas tumbuhan tumbuh ke arah cahaya merupakan ciri bergerak karena melakukan pergerakan ke arah cahaya atau fototropisme. Fototropisme adalah gerak tropisme tumbuhan yang disebabkan oleh rangsangan berupa cahaya matahari. Aktivitas (3) lumba-lumba secara periodik muncul ke permukaan air merupakan ciri bernapas. Lumba-lumba bernapas dengan paru-paru, sehingga mereka akan muncul ke permukaan air secara periodik untuk menghirup udara.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B. 2 dan 3.

Baca Juga :  Apa yang dimaksud dengan poster