Breaking News

Selama periode 100 tahun, suatu hutan yang gundul mengalami tranformasi menjadi hutan hujan. Selama proses transisi, berbagai jenis komunitas mendiami area tersebut. Setiap komunitas digantikan oleh komunitas yang baru selama periode tersebut. Proses ekologi yang diceritakan pada paragraf di atas adalah contoh dari….

Selama periode 100 tahun, suatu hutan yang gundul mengalami tranformasi menjadi hutan hujan. Selama proses transisi, berbagai jenis komunitas mendiami area tersebut. Setiap komunitas digantikan oleh komunitas yang baru selama periode tersebut.

Proses ekologi yang diceritakan pada paragraf di atas adalah contoh dari….
A. daya dukung lingkungan
B. faktor yang dipengaruhi oleh kepadatan
C. faktor yang tidak dipengaruhi oleh kepadatan
D. suksesi
E. potensi biotik

Jawaban yang tepat adalah opsi D

Berdasarkan ilustrasi pada soal, dapat diketahui bahwa proses ekologi yang terjadi merupakan suksesi. Suksesi merupakan perubahan bertahap suatu ekosistem selama periode waktu tertentu. Proses suksesi tersebut terjadi secara alamiah tanpa adanya intervensi dari manusia. Suksesi dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu suksesi primer dan suksesi sekunder. Perbedaan keduanya antara lain adalah sebagai berikut.
1. Suksesi primer, terjadi ketika adanya kerusakan yang menyebabkan lenyapnya komunitas awal secara total. Contohnya adalah suksesi yang terjadi pada daerah yang terkena lava.
2. Suksesi sekunder, terjadi ketika adanya kerusakan sebagian pada komunitas alami dan masih meninggalkan sisa-sisa kehidupan. Sisa-sisa kehidupan tersebut akan berkembang kembali membentuk komunitas klimaks seperti awal. Contohnya adalah suksesi yang terjadi pada hutan yang mengalami kebakaran atau penebangan liar dalam skala besar.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah opsi D

Daftar isi