Kegiatan ini bertujuan untuk melatih siswa agar mempunyai dasar-dasar kepemimpinan. Dengan demikian, siswa akan mempahami bagaimana artinya menjadi pemimpin yang baik. Paragraf tersebut merupakan unsur proposal bagian ….

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih siswa agar mempunyai dasar-dasar kepemimpinan. Dengan demikian, siswa akan mempahami bagaimana artinya menjadi pemimpin yang baik.

Paragraf tersebut merupakan unsur proposal bagian ….

Paragraf tersebut merupakan unsur proposal bagian tujuan kegiatan.

Perhatikan penjelasan berikut, ya.

Proposal adalah suatu rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kegiatan dalam bentuk tulisan dan akan dijelaskan secara sistematis ataupun terperinci.

Secara umum proposal memiliki komponen atau unsur-unsur sebagai berikut:
1. Nama kegiatan atau judul merupakan bagian nama kegiatan yang akan dilaksanakan dan menjadi gambaran proposal secara umum.
2. Latar belakang berisi pokok-pokok ataupun alasan mengapa kegiatan tersebut perlu diadakan.
3. Tujuan kegiatan berisi hal yang ingin dicapai melalui pelaksanaan kegiatan. Tujuan dijelaskan secara terperinci sehingga manfaatnya bisa terlihat oleh pembaca.
4. Tema merupakan dasar kegiatan yang terdapat dalam proposal.
5. Sasaran atau peserta berisi penjelasan siapa saja yang menjadi sasaran dalam kegiatan yang akan dilaksanakan.
6. Tempat dan waktu berisi penjelasan secara detail mengenai waktu dan tempat diadakannya kegiatan tersebut.
7. Kepanitiaan merupakan bagian yang menyebutkan secara lengkap mengenai susunan panitia yang mengadakan kegiatan tersebut.
8. Rencana anggaran merupakan bagian yang berisi susunan anggaran yang akan digunakan untuk melaksanakan kegiatan dan penggunaannya dapat dipertanggungjawabkan.
9. Penutup.

Berdasarkan penjelasan di atas, paragraf tersebut merupakan unsur proposal bagian tujuan kegiatan. Hal ini dapat diketahui melalui kutipan kalimat yang menyatakan tujuan diadakannya kegiatan, yakni “Kegiatan ini bertujuan untuk melatih siswa agar mempunyai dasar-dasar kepemimpinan.”

Dengan demikian, paragraf tersebut merupakan unsur proposal bagian tujuan kegiatan.

Semoga membantu 😊

Baca Juga :  (-25 +53) + (-62) =...+ (53 + (-62))