Masyarakat adat memiliki cara pengendalian sosial melalui pengucilan bagi pelaku penyimpangan sosial. metode ini sering disebut sebagai ….

masyarakat adat memiliki cara pengendalian sosial melalui pengucilan bagi pelaku penyimpangan sosial. metode ini sering disebut sebagai ….

Jawabannya adalah :
Ostrasisme

Yuk, simak pembahasan berikut!
Pengendalian sosial merupakan upaya untuk mencegah, mengurangi, atau menghilangkan penyimpangan yang ada di masyarakat dan mengarahkan kembali anggota masyarakat untuk berperilaku sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. Terdapat beberapa bentuk pengendalian sosial yang dapat dilakukan oleh masyarakat.

Ostrasisme merupakan salah satu bentuk pengendalian sosial yang dilakukan dengan mendiamkan pelaku yang menyimpang. Pengendalian ini juga dikenal sebagai pengucilan dimana masyarakat tidak ada yang mengajak bicara, mendiamkannya seolah-olah tidak ada di lingkungan tersebut dan tidak ada yang mengenalnya.

Baca Juga :  Pada tali yang panjangnya 2 m dan ujungnya terikat pada tiang ditimbulkan gelombang stasioner. Jika terbentuk 5 gelombang penuh maka letak perut yang ketiga dihitung dari ujung terikat adalah … m.e