Tuliskan langkah-langkah membuat peta pikiran berdasarkan bacaan

Tuliskan langkah-langkah membuat peta pikiran berdasarkan bacaan

Langkah-langkah membuat peta pikiran berdasarkan bacaan adalah 1) pastikan tema utama bacaan terletak di tengah; 2) dari tema utama tersebut, akan muncul ide-ide turunan yang masih berkaitan dengan tema utama; 3) carilah hubungan antara setiap ide dan tandai dengan garis, tanda, atau simbol; 4) buat peta pikiran di atas ketas polos; dan 5) sisakan ruang untuk penambahan ide.

Untuk memahami alasannya, mari simak pembahasan berikut.

Peta pikiran adalah metode yang digunakan untuk menemukan informasi penting dalam suatu bacaan. Informasi penting itu dipetakan ke dalam bentuk kotak-kotak yang saling dihubungkan dengan garis.

Langkah-langkah membuat peta pikiran berdasarkan bacaan adalah sebagai berikut.
1) Pastikan tema utama bacaan terletak di tengah.
2) Dari tema utama tersebut, akan muncul ide-ide turunan yang masih berkaitan dengan tema utama.
3) Carilah hubungan antara setiap ide dan tandai dengan garis, tanda, atau simbol.
4) Buat peta pikiran di atas ketas polos.
5) Sisakan ruang untuk penambahan ide.

Dengan demikian, langkah-langkah membuat peta pikiran berdasarkan bacaan adalah 1) pastikan tema utama bacaan terletak di tengah; 2) dari tema utama tersebut, akan muncul ide-ide turunan yang masih berkaitan dengan tema utama; 3) carilah hubungan antara setiap ide dan tandai dengan garis, tanda, atau simbol; 4) buat peta pikiran di atas ketas polos; dan 5) sisakan ruang untuk penambahan ide.

Baca Juga :  Jarak rumah Andi ke sekolah adalah 4 km. Andi berangkat ke sekolah mengendarai sepeda dengan kecepatan rata-rata 20 km/jam. Berapa menit Andi mengendarai sepeda?