Breaking News

Tari khasnya adalah Pendet serta Cendrawasih dan salah satu lagu daerahnya Macepet-cepetan. Provinsi yang dimaksud adalah

Tari khasnya adalah Pendet serta Cendrawasih dan salah satu lagu daerahnya Macepet-cepetan. Provinsi yang dimaksud adalah

Jawabannya adalah Provinsi Bali.

Simak pembahasan berikut.

Tari pendet dan tari cendrawasih berasal dari Provinsi Bali. Tari pendet merupakan salah satu tarian khas Bali yang pada awalnya digunakan sebagai tarian bentuk pemujaan terhadap para Dewa yang ditampilkan pada pura di Bali. Tarian ini dianggap sebagai penyambutan atas turunnya Dewa ke bumi. Hal tersebut yang membuat tari pendet ini dijadikan sebagai tarian selamat datang di Bali oleh para seniman tari seiring berjalannya waktu. Sedangkan tari cendrawasih adalah tarian yang gerakannya terinspirasi dari kehidupan burung. Burung cendrawasih sendiri dalam mitologi Hindu Bali dianggap sebagai burungnya para dewa atau disebut Manuk Dewata. Tari cendrawasih ditampilkan oleh 2 orang penari perempuan.

Lagu macepet-cepetan yang berasal dari Bali ini mempunyai makna yang menceritakan tentang masyarakat Bali adalah orang yang sigap, cepat, dan tanggap dalam mengambil tindakan. Lagu daerah ini diiringi oleh musik tradisional yang menghentak dan bersemangat.

Jadi, tari pendet, tari cenderawasih, dan lagu macepet-cepetan merupakan tari dan lagu daerah yang berasal dari Provinsi Bali.

Semoga membantu 🙂

Baca Juga :  Patung yang dibuat untuk mengenang peristiwa dan kejadian bersejarah disebut ....