Secara umum, komposisi batuan di permukaan bumi yang didasarkan atas jenis batuannya yang didominasi oleh jenis batuan ….

Secara umum, komposisi batuan di permukaan bumi yang didasarkan atas jenis batuannya yang didominasi oleh jenis batuan ….
a. sedimen
b. metamorf
c. ekstrusi
d. intrusi
e. antrasit

jawaban untuk soal ini adalah D.

Berikut adalah penjelasannya.

Litosfer merupakan lapisan bumi yang terdiri dari batuan. Berdasarkan proses pembentukannya batuan, batuan dibedakan menjadi tiga, yaitu:
1. Batuan beku merupakan batuan yang terbentuk dari magma pijar yang membeku dan menjadi padat karena proses pendinginan. Jenis batuan ini paling banyak di permukaan bumi.
2. Batuan sedimen merupakan batuan yang terbentuk dari endapan dari struktur batuan yang mudah lepas dan terbawa air, angin, dan es. Lama kelamaan, endapan tersebut akan menumpuk dan kemudian mengeras, kemudian terbentuk menjadi batuan.
3. Batuan metamorf merupakan batuan yang terbentuk dari hasil perubahan dari batuan beku dan batuan endapan yang terjadi akibat proses metamorphosis.

Dengan demikian, komposisi batuan di permukaan bumi yang didasarkan atas jenis batuannya yang didominasi oleh batuan intrusi (beku). Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Semoga membantu ya!

Baca Juga :  Tuliskan 3 sikap mencegah terjadinya penyimpangan terhadap pancasila​