Breaking News

(1) Terdapat permasalahan dalam industri air minum dalam kemasan (AMDK) yang terjadi di bulan November ini. (2) Antara lain, permasalahan permasalahan itu berupa maraknya penggunaan botol bekas, penggunaan botol galon merek perusahaan lain, dan pemalsuan penggunaan tanda SNI. (3) Selain itu, cara berproduksian yang baik dan benar juga belum diterapkan diterapkan beberapa perusahaan. Kalimat fakta dinyatakan dengan kalimat ..

(1) Terdapat permasalahan dalam industri air minum dalam kemasan (AMDK) yang terjadi di bulan November ini. (2) Antara lain, permasalahan permasalahan itu berupa maraknya penggunaan botol bekas, penggunaan botol galon merek perusahaan lain, dan pemalsuan penggunaan tanda
SNI. (3) Selain itu, cara berproduksian yang baik dan benar juga belum diterapkan diterapkan beberapa perusahaan.
Kalimat fakta dinyatakan dengan kalimat ..

Kalimat yang termasuk fakta adalah (1) dan (2).

Fakta adalah pernyataan yang berisi situasi nyata dari suatu kejadian yang terjadi. Fakta berisi sesuatu yang benar-benar ada atau objektif.

Ciri-ciri fakta di antaranya:
1. Dapat dibuktikan kebenarannya atau bersumber dari narasumber terpercaya.
3. Mempunyai data yang akurat, yaitu dapat menyebutkan waktu, tanggal, tempat dan kejadian atau peristiwa.
5. Bersifat objektif, yaitu berupa data yang sebenarnya, bukan dibuat-buat dan bukan berupa pendapat atau saran.
6. Biasanya dapat menjawab rumus pertanyaan ADIKSIMBA (apa, di mana, kapan, siapa, dan bagaimana).
7. Menyatakan kejadian yang sedang atau pernah terjadi.

Pada soal, kalimat (1) berisi fakta, ditandai dengan data berupa waktu kegiatan, yakni “…yang terjadi di bulan November ini.” Kalimat (2) berisi fakta, ditandai dengan data permasalahan yang dialami, yakni “permasalahan permasalahan itu berupa maraknya penggunaan botol bekas, penggunaan botol galon merek perusahaan lain, dan pemalsuan penggunaan tanda
SNI.” Kalimat (3) berisi opini karena bersifat pernyataan subjektif, yakni “…cara berproduksian yang baik dan benar…” Maka, kalimat (1) dan (2) adalah fakta, sedangkan kalimat (3) merupakan opini.

Jadi, kalimat yang termasuk fakta adalah (1) dan (2).

Semoga membantu ya.

Baca Juga :  Observasi pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan kacang hijau​