Nada do (1) ke mi (3) berjarak ….

Nada do (1) ke mi (3) berjarak ….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

Nada do (1) ke mi (3) berjarak ....

Jawaban soal di atas adalah B. 2

Cermati pembahasan berikut.
Seni musik diartikan sebagai bidang keilmuan atau aliran seni yang menggunakan nada dan suara atau kombinasi hubungan temporal untuk menyampaikan ekspresi, pesan, atau nilai-nilai seni kepada orang lain dalam satu kesatuan dan kesinambungan untuk mengungkapkan perasaan.

Dalam musik, nada pada lagu ditulis dengan menggunakan notasi angka dan notasi balok pada partitur (tulisan musik). Gunanya untuk memudahkan musisi dan penyanyi memainan lagu dengan nada yang tepat tinggi atau rendahnya.

Notasi angka yang paling banyak digunakan memiliki nada dasar dan nada berikutnya dalam interval atau jenjang tertentu. Dalam notasi angka, not ditentukan dengan angka 1 (do), 2 (re), 3 (mi), 4 (fa), 5 (sol), 6 (la) dan 7 (si).

Sehingga dalam soal ini antara do dengan mi berjarak 2 nada yaitu terdiri dari:
do – re : 1 nada
re – mi: 1 nada

Notasi angka ini kemudian disebut juga dengan solmisasi, sesuai dengan nama-nama not di atas. Solmisasi menggunakan suku-suku kata ini (do, re, mi dan seterusnya) untuk menyebut not atau notasi angka pada penulisan musik.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. 2

Semoga membantu ya 😊

Baca Juga :  Jassi mempunyai dua lembar kertas berwarna biru dan merah.luas kertas berwarna biru 1,56 cm. dan luas kertas berwarna merah 132 dm² kedua kertas tersebut di gunakan Jessi untuk menghias kamarnya sehingga tersisa 600 cm²luas kertas warna yang di gunakan untuk menghias kamar Jessi adalah