Jelaskan perwujudan kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan ideologi

Jelaskan perwujudan kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan ideologi

Jawaban yang benar adalah perwujudan kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan ideologi artinya negara Indonesia menggunakan pancasila sebagai satu-satunya Falsafah serta Ideologi Bangsa dan Negara, yang melandasi, membimbing dan mengarahkan Bangsa menuju tujuannya.

Pembahasan:
Wawasan nusantara adalah cara pandang masyarakat terhadap bangsa, dan negaranya yang meliputi daerah darat, laut, udara, serta ideologi, sosial budaya, ekonomi, politik, serta pertahanan dan keamanan.

Wawasan nusantara dalam mencapai tujuan Pembangunan Nasional adalah Wawasan Nusantara yang mencakup:
1. Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu Kesatuan Politik.
2. Perwujudan kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan ideologi.
3. Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu Kesatuan Sosial dan Budaya.
4. Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu Kesatuan Ekonomi.
5. Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu Kesatuan Pertahanan dan Keamanan.

Dalam hal perwujudan kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan ideologi artinya negara Indonesia menggunakan pancasila sebagai satu-satunya Falsafah serta Ideologi Bangsa dan Negara, yang melandasi, membimbing dan mengarahkan Bangsa menuju tujuannya.

Kesimpulan:
Berdasarkan pemaparan diatas maka dapat disimpulkan bahwa perwujudan kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan ideologi artinya negara Indonesia menggunakan pancasila sebagai satu-satunya Falsafah serta Ideologi Bangsa dan Negara, yang melandasi, membimbing dan mengarahkan Bangsa menuju tujuannya.

Baca Juga :  6. Pada sebuah balok bekerja beberapa buah gaya seperti ditunjukkan gambar. Berapakah resultan gayanya? Kemanakah arah gerak benda? F₂ = 20 N Jawab: F₁ = 25 N F₁ = 60 N​