Di seantero Pegunungan Algani, Elano merupakan hewan terkuat. Tidak seperti elang pada umumnya, Elano memiliki tubuh yang lebih besar. Sayapnya lebar. Paruhnya tajam dan cakarnya kuat. Melihatnya melayang-layang di langit membuat mamalia kecil bergidik ngeri. Takut menjadi mangsanya, tidak terkecuali Risa. Padahal, Risa adalah seekor kancil. Meskipun Elano tidak pernah memangsa kancil, Risa selalu lari atau bersembunyi di balik pohon besar. Pernah suatu hari, saat Risa sedang minum di tepi sungai, ia melihat Elano terbang menukik ke arah mangsanya, seekor ayam hutan. Risa gemetar melihat Elano yang tampak kuat menerkam mangsa. Memang dasar Risa si penakut, ia lari tunggang-langgang meninggalkan sungai. la takut kalau-kalau Elano juga akan menyerangnya Informasi yang sesuai dengan teks tersebut adalah …

11.Bacalah kutipan fabel berikut.

Di seantero Pegunungan Algani, Elano merupakan hewan terkuat. Tidak seperti elang pada umumnya, Elano memiliki tubuh yang lebih besar. Sayapnya lebar. Paruhnya tajam dan cakarnya kuat. Melihatnya melayang-layang di langit membuat mamalia kecil bergidik ngeri. Takut menjadi mangsanya, tidak terkecuali Risa. Padahal, Risa adalah seekor kancil. Meskipun Elano tidak pernah memangsa kancil, Risa selalu lari atau bersembunyi di balik pohon besar.

Pernah suatu hari, saat Risa sedang minum di tepi sungai, ia melihat Elano terbang menukik ke arah mangsanya, seekor ayam hutan. Risa gemetar melihat Elano yang tampak kuat menerkam mangsa. Memang dasar Risa si penakut, ia lari tunggang-langgang meninggalkan sungai. la takut kalau-kalau Elano juga akan menyerangnya

Informasi yang sesuai dengan teks tersebut adalah …

A. Risa akan lari dan bersembunyi saat melihat Elano karena takut.

B. Risa pergi ke sungai untuk menemui Elano yang sedang minum.

C. Risa yang ketakutan pernah hendak dimangsa oleh Elano.

D. Elano memergoki Risa yang ketakutan melihatnya memangsa ayam.

tolong di jawab beserta pembahasannya plissss

Jawaban yang benar adalah A.

Untuk mengetahui alasannya, mari simak penjelasan berikut.

Dalam suatu paragraf teks, pasti memuat suatu informasi yang dapat diambil atau disimpulkan oleh pembacanya. Informasi yang ada dapat berupa informasi umum, seperti pengetahuan dalam mata pelajaran, atau informasi yang terkait dengan cerita, seperti latar atau penyebab suatu konflik.

Dalam penggalan paragraf fabel yang ada, sebagai pembaca kita tahu bahwa Risa seorang kancil amat takut terhadap Elano seorang elang, karena Elano memiliki struktur tubuh yang lebih kuat dan dominan daripada elang lain, seperti padakutipan berikut.
“Tidak seperti elang pada umumnya, Elano memiliki tubuh yang lebih besar”

Baca Juga :  Apa yang dimaksud dengan kebugaran jasmani

Lebih lanjut, dari opsi jawaban A, B, C, dan D yang paling tepat untuk menjawab pertanyaan yang ada adalah A, hal ini terlihat dari penggalan cerita Risa selalu lari dan bersembunyi saat melihat Elano karena takut. Hal ini terlihat dari penggalan cerita berikut.
“Meskipun Elano tidak pernah memangsa kancil, Risa selalu lari atau bersembunyi di balik pohon besar”.

Sementara itu, opsi B,C, dan D tidak tepat untuk menjawab pertanyaan karena berbanding terbalik dengan fakta yang ada pada penggalan paragraf yang ada.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Semoga membantu^^

Daftar isi