Apa perbedaan tangga nada pelog dan slendro? Jelaskan dengan bahasamu sendiri!

Apa perbedaan tangga nada pelog dan slendro? Jelaskan dengan bahasamu sendiri!

Jawaban: Perbedaan tangga nada pelog dan slendro adalah terletak pada jumlah oktaf dan juga nadanya. Slendro terdiri dari 5 oktaf yaitu 1 2 3 4 5 (C- D E+ G A) sedangkan pelog terdiri dari 7 oktaf yaitu 1 2 3 4 5 6 7 (C+ D E- F# G# A B).

Cermati penjelasan berikut ya!
Slendro, merupakan tangga nada yang lebih tua dibandingkan dengan Pelog. Slendro memiliki 5 oktaf saja yang terdiri dari 1 2 3 4 5 (C- D E+ G A)

Pelog, merupakan tangga nada yang lebih muda. Pelog sendiri memiliki 7 oktaf yaitu 1 2 3 4 5 6 7 (C+ D E- F# G# A B). Pelog sendiri terdiri dari 2 jenis lagi yaitu pelog barang dan pelog bem. Pelog barang tidak membunyikan nada 1 sedangkan pelog bem tidak membunyikan nada 7.

Dengan demikian, perbedaan tangga nada pelog dan slendro adalah terletak pada jumlah oktaf dan juga nadanya. Slendro terdiri dari 5 oktaf yaitu 1 2 3 4 5 (C- D E+ G A) sedangkan pelog terdiri dari 7 oktaf yaitu 1 2 3 4 5 6 7 (C+ D E- F# G# A B).

Baca Juga :  Ayah membeli 8 bungkus permen. Setiap bungkus berisi 48 butir permen, permen tersebut dibagikan kepada 24 anak. Jika setiap anak mendapat permen sama banyak, setiap anak mendapat