Buatkan dalam bentuk kalimat kimia dari persamaan reaksi dibawah ini serta setarakan reaksinya: 1. CaCO3 (s) + HCl (aq) → CaCl2 (aq) + CO2(g) + H2O (l)

Buatkan dalam bentuk kalimat kimia dari persamaan reaksi dibawah ini serta setarakan reaksinya: 1. CaCO3 (s) + HCl (aq) → CaCl2 (aq) + CO2(g) + H2O (l)

Jawaban: Persamaan reaksi setaranya adalah CaCO₃(s) + 2HCl(aq) → CaCl₂(aq) + CO₂(g) + H₂O(l). Persamaan kimia dalam bentuk kalimatnya adalah padatan kalsium karbonat direaksikan dengan 2 molekul larutan asam klorida menghasilkan larutan kalsium klorida, gas karbon dioksida, dan air.

Persamaan reaksi menggambarkan zat-zat kimia yang terlibat sebelum dan sesudah reaksi kimia, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Langkah-langkah menyetarakan reaksi adalah:
1. Tuliskan rumus kimia dari reaktan dan produk reaksi.
CaCO₃(s) + HCl(aq) → CaCl₂(aq) + CO₂(g) + H₂O(l)

2. Pilih zat dengan rumus kimia paling kompleks. Tetapkan nilai koefisien reaksinya sama dengan 1. Berikan koefisien sementara untuk zat-zat lainnya dengan huruf a, b, c, dan seterusnya. Berdasarkan soal, CaCO₃ ditetapkan nilai koefisien reaksinya 1.
CaCO₃(s) + aHCl(aq) → bCaCl₂(aq) + cCO₂(g) + dH₂O(l)

3. Setarakan atom-atom. Jika terdapat ion poliatom yang sama di ruas kiri dan kanan, setarakan sebagai ion poliatom bukan sebagai atom.
Jumlah atom Ca ruas kiri = Jumlah atom Ca ruas kanan
1 = b
Jumlah atom Cl ruas kiri = Jumlah atom Cl ruas kanan
a = 2b
a = 2 × 1
a = 2
Jumlah atom C ruas kiri = Jumlah atom C ruas kanan
1 = c
Jumlah atom H ruas kiri = Jumlah atom H ruas kanan
a = 2d
2 = 2d
d = 1
Persamaan reaksi setaranya adalah
CaCO₃(s) + 2HCl(aq) → CaCl₂(aq) + CO₂(g) + H₂O(l)

Persamaan kimia dalam bentuk kalimatnya adalah padatan kalsium karbonat direaksikan dengan 2 molekul larutan asam klorida menghasilkan larutan kalsium klorida, gas karbon dioksida, dan air.

Dengan demikian, persamaan reaksi setaranya adalah CaCO₃(s) + 2HCl(aq) → CaCl₂(aq) + CO₂(g) + H₂O(l). Persamaan kimia dalam bentuk kalimatnya adalah padatan kalsium karbonat direaksikan dengan 2 molekul larutan asam klorida menghasilkan larutan kalsium klorida, gas karbon dioksida, dan air.