Breaking News

Selain memiliki pemandangan pantai dan laut yang indah, di Pulau Derawan juga dilakukan konservasi terhadap ….

Bacalah kutipan teks berikut dengan saksama!
Pulau Deravan adalah salah satu pulau di Provinsi Kalimantan Timur. Pulau ini adalah salah satu pulau di Kepulauan Deravan. Pulau ini memiliki keindahan alam berupa pasir putih yang membentang di sepanjang pantai dan pohon kelapa yang melapisi pantai. Laut biru yang indah juga tidak luput dari keindahan pulau ini. Selain pemandangan pantai dan laut yang indah, pulau ini, yang pernah dinominasikan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2005, memiliki tempat yang bagus untuk penangkaran penyu dan hutan bakau. Di tempat perkembangbiakan penyu, kita bisa melihat beberapa titik tempat telur kura-kura berada. Sementara itu, kita bisa menikmati keheningan alam di hutan bakau Pulau Deravan. Jika pergi ke hutan ini, Anda harus mengemudikan perahu dan waspada terhadap satwa liar.

Selain memiliki pemandangan pantai dan laut yang indah, di Pulau Derawan juga dilakukan konservasi terhadap ….
A. pasir putih dan pohon-pohon kelapa
B. situs warisan dunia UNESCO
C. penyu dan hutan bakau
D. telur kura-kura

Jawaban untuk soal tersebut adalah C.

Mari kita simak pembahasan berikut ini ya.

Teks deskripsi merupakan teks yang berisi penggambaran suatu objek, tempat, atau peristiwa tertentu kepada pembaca secara jelas dan terperinci agar pembaca seolah-olah dapat melihat dan merasakan sendiri apa yang dideskripsikan oleh penulis.

Ciri-ciri teks deskripsi sebagai berikut.
a. Merupakan penggambaran atau pelukisan tentang sesuatu.
b. Penggambaran dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan pancaindra.
c. Memiliki tujuan pembaca atau pendengar seolah-olah merasakan atau mengalami sendiri objek yang digambarkan.
d. Menjelaskan ciri-ciri objek yang dideskripsikan, seperti bentuk, ukuran, warna, lokasi, dan keadaan suatu objek secara terperinci.
e. Terdapat fakta yang dijadikan data untuk mengilustrasikan sehingga dapat memperjelas penggambaran. Sebuah data dapat berbentuk gambar maupun kalimat.

Baca Juga :  Sifat dari gerakan tari yang memakai pola lantai asimetris adalah....

Kutipan teks tersebut menggambarkan Pulau Derawan yang merupakan salah satu pulau di Provinsi Kalimantan Timur. Pulau ini digambarkan sebagai pulau yang indah karena memiliki pasir putih dan pohon kelapa di sepanjang pantai. Pulau Derawan juga merupakan tempat konservasi penyu dan hutan bakau. Hal ini dapat dibuktikan pada kalimat “Di tempat perkembangbiakan penyu, kita bisa melihat beberapa titik tempat telur kura-kura berada.” dan “Sementara itu, kita bisa menikmati keheningan alam di hutan bakau Pulau Deravan.”

Dengan demikian, jawaban untuk soal tersebut adalah C.

Semoga membantu 😊