Breaking News

3.A.lampu apa yang memiliki kualitas cahaya paling terang B.lampu apa paling hemat energi? Jelaskan!

3.A.lampu apa yang memiliki kualitas cahaya paling terang

B.lampu apa paling hemat energi? Jelaskan!

A. Lampu yang memiliki kualitas cahaya paling tinggi adalah Lampu LED

B. Lampu yang memiliki kehematan energi paling baik adalah Lampu LED, Karena dengan daya (watt) yang sama, lampu LED mampu menyala lebih terang. Artinya, jika memilih lampu neon atau bohlam, maka harus memilih lampu dengan watt yang lebih besar untuk menyamakan tingkat cahaya yang dihasilkan lampu LED.

 

Pembahasan

 

Pengembangan lampu pijar telah dimulai dalam awal abad XIX. Sejarah lampu pijar bisa dikatakan sudah dimulai menggunakan ditemukannya tumpukan volta sang Alessandro Volta. Pada tahun 1802, Sir Humphry Davy menerangkan bahwa arus listrik bisa memanaskan seuntai logam tipis sampai menyala putih. Lalu, dalam tahun 1820, Warren De la Rue merancang sebuah lampu menggunakan cara menempatkan sebuah kumparan logam mulia platina pada pada sebuah tabung kemudian mengalirkan arus listrik melaluinya. Hanya saja, harga logam platina yg sangat tinggi menghalangi eksploitasi inovasi ini lebih lanjut. Elemen karbon jua sempat digunakan, tetapi karbon menggunakan cepat bisa teroksidasi pada udara; sang lantaran itu, jawabannya merupakan menggunakan menempatkan elemen pada vakum.

 

Pada tahun 1870-an, seseorang penemu bernama Thomas Alva Edison berasal dari Menlo Park, negara bagian New Jersey, Amerika Serikat, mulai ikut dan pada bisnis merancang lampu pijar. Dengan memakai elemen platina, Edison menerima paten pertamanya dalam bulan April 1879. Rancangan ini nisbi nir simpel tetapi Edison permanen berusaha mencari elemen lain yg bisa dipanaskan secara hemat & efisien.Pada tahun yg sama, Sir Joseph Wilson Swan jua membentuk lampu pijar yg bisa bertahan selama 13,lima jam. Sebagian akbar filamen lampu pijar yg diciptakan dalam ketika itu putus pada ketika yg sangat singkat sebagai akibatnya nir berarti secara komersial. Untuk merampungkan perkara ini, Edison balik mencoba memakai untaian karbon yg ditempatkan pada bola lampu hampa udara sampai dalam lepas 19 Oktober 1879 beliau berhasil menyalakan lampu yg bisa bertahan selama 40 jam.

Baca Juga :  Cermati naskah drama berikut! Latar saat musim hujan di rumah yang bocor (1) Ruri : "Kita tidur di mana, Mak?" (2) Emak : "Kita di kamar si mbok (pergi menuju kamar tamu) (3) Ruri : "Kenapa setiap musim hujan rumah kita selalu bocor, mak?" Tuliskan petunjuk lakuan yang benar untuk dialog nomor (2)

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com