Penelitian yang dilakukan Melangi, Koto,dan Taslim menggunakan sudut pandang waktu dalam kajiannya. Sudut pandang tersebut digunakan karena berfungsi untuk mempelajari….

Penelitian yang dilakukan Melangi, Koto,dan Taslim menggunakan sudut pandang
waktu dalam kajiannya. Sudut pandang
tersebut digunakan karena berfungsi untuk
mempelajari….

A. nilai suatu tempat dari berbagai kepentingan
B.memahami objek-objek materiel di suatu wilayah
C.persamaan dan perbedaan fenomena antarwilayah
D.komponen biotik dan abiotik yang ter
E.
komponen abiotik dan biotik yang ter-
dapat di suatu wilayah elbilen
perkembangan
fenomena
periode waktu yang berbeda
dalam

Koto, Melangi dan Taslim memakai sudut pandang waktu dalam kajiannya. Sudut pandang waktu ini dipergunakan sebab berfungsi dalam mempelajari perkembangan fenomena kewilayahan atau keruangan pada periode waktu yang berbeda. Dengan demikian maka jawaban yang benar adalah E.

Pembahasan

Jawaban yang benar untuk soal di atas adalah E, yakni pilihan jawaban yang menyinggung mengenai perkembangan fenomena pada periode waktu yang berbeda. Jawaban A, B, C dan D keliru karena tidak berkaitan dengan waktu melainkan ruang, wilayah dan lingkungan.

Dalam kajian Ilmu Geografi sendiri, ketika mengkaji masalah, kita bisa menggunakan empat cara pikir atas objek material yaitu:

  1. Sudut pandang keruangan.
  2. Sudut pandang kelingkungan.
  3. Sudut pandang kewilayahan.
  4. Sudut pandang waktu.

Sudut pandang waktu menekankan pada perkembangan yang terjadi dari periode waktu yang satu ke periode waktu lainnya di mana di dalamnya sudah pasti ada berubahan yang berlangsung.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com

Baca Juga :  Peranan penting yang dimainkan pemerintah Indonesia terkait dengan keberadaan kelompok negara-negara non blok ( GNB) adalah sebagai …