Perbedaan name tag, id card, dan keplek?

Perbedaan name tag, id card, dan keplek?

Berikut perbedaan antara name tag, ID card dan keplek:

  1. Name Tag: sama seperti namanya, informasi paling utama pada name tag adalah nama. Informasi nama ini bahkan umumnya menjadi satu-satunya keterangan yang ada pada name tag sehingga disebut sebagai ‘papan nama’. Jika ada tambahan informasi lainnya, contoh paling umumnya adalah NIP atau Nomor Induk Pegawai untuk PNS atau jabatan seseorang jika ia bagian dari perusahaan.
  2. ID Card: sebutan lainnya adalah kartu tanda pengenal atau kartu indentitas. Informasi yang ada dalam ID Card lebih dari sekedar nama saja sehingga terkadang penggunaannya di beberapa institusi adalah sebagai Access Control. Pada ID Card pekerja, informasi yang biasa dijumpai seperti nama, jabatan, divisi, nama institusi, foto dan lain-lain. Untuk beberapa institusi, ID Card pekerja dilengkapi dengan barcode, QR code bahkan chip untuk kemudahan validasi akses. Di Indonesia, pemisahan penggunaan istilah ID Card dan KTP adalah jamak, namun di luar negeri umumnya ID Card juga mencakup KTP.
  3. Keplek, istilah ini dipakain untuk menunjuk benda yang membungkus atau melapisi ID Card. Biasanya terbuat dari plastik. Jika lanyard adalah sebutan tali untuk ID Card maka keplek adalah sebutan bagi pembungkus ID Card yang menempel pada lanyard.

Pembahasan

Name tag, ID card dan keplek adalah istilah-istilah yang berkaitan dengan tanda pengenal. Walau sama-sama tanda pengenal, namun informasi yang termuat di dalamnya juga peruntukannya berbeda.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com

Baca Juga :  Tentukan invers dari f(x) = X²