Cermati kutipan pidato berikut dengan saksama! (1) Marilah terapkan pendidikan moral kepada anak-anak sejak dini. (2) Baik di lingkungan keluarga, masyarakat maupun di berbagai instansi pendidikan. (3) Dengan begitu, anak-anak nantinya akan menjadi generasi yang cerdas dan bermoral baik (4) Sehingga perilaku buruk yang sering terjadi akhir-akhir ini tidak dilakukan oleh generasi yang akan datang. Kalimat yang berupa ajakan pada kutipan teks pidato tersebut ditandai nomor….

Cermati kutipan pidato berikut dengan saksama!
(1) Marilah terapkan pendidikan moral kepada anak-anak sejak dini. (2) Baik di lingkungan keluarga, masyarakat maupun di berbagai instansi pendidikan. (3) Dengan begitu, anak-anak nantinya akan menjadi generasi yang cerdas dan bermoral baik (4) Sehingga perilaku buruk yang sering terjadi akhir-akhir ini tidak dilakukan oleh generasi yang akan datang.
Kalimat yang berupa ajakan pada kutipan teks pidato tersebut ditandai nomor….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

Kakak bantu jawab ya.

Jawabannya adalah A.

Mari cermati pembahasan berikut ini!

Dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kalimat adalah kesatuan ujar yang mengungkapkan suatu konsep pikiran dan perasaan yang diawali huruf kapital dan diakhiri tanda baca (titik/tanda tanya/tanda seru). Salah satu jenis kalimat adalah kalimat ajakan. Kalimat ajakan adalah suatu kalimat yang menyatakan suatu ajakan kepada seseorang yang diajak bicara untuk melakukan sesuatu bersama–sama dan mengharapkan tanggapan dari orang tersebut. Kalimat ini ditandai dengan adanya kata-kata khas ajakan.

Ciri-ciri kalimat ajakan di antaranya:
a. Kalimat ajakan biasanya dimulai dengan kata mari, marilah, ayo, ayolah, yuk, dan sejenisnya.
b. Ada kegiatan yang diharapkan dilakukan oleh orang yang diajak.
c. Menggunakan kata ganti ‘kita’ atau ‘kami’, jika mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu secara bersama-sama dengan orang yang mengajak.
d. Jika yang diajak lebih dari satu orang, biasanya menggunakan kata ganti jamak, contohnya: teman-teman.
e. Biasanya ditandai dengan tanda seru (!) di akhir kalimat sebagai penyeruan.
f. Kalimat ajakan disebut juga dengan kalimat persuasif karena bersifat memengaruhi seseorang.

Berdasarkan soal, kalimat “Marilah terapkan pendidikan moral kepada anak-anak sejak dini” merupakan kalimat ajakan karena diawali kata marilah dan ada kegiatan yang diajak, yakni menerapkan pendidikan moral.

Baca Juga :  Dua minggu setelah tanggal 7 maret 2022 adalah tanggal....

Jadi, jawabannya adalah A.