Breaking News

Susunan kata dilakukan secara sukarela pada kalimat 8 akan benar jika diubah menjadi ….

(1) Kerja sama adalah suatu usaha bersama antara individu atau kelompok sosial untuk mencapai tujuan bersama. (2) Kerja sama dilakukan saat manusia berinteraksi dengan sesamanya. (3) Kebiasaan dan sikap mau bekerja sama dimulai sejak dini, mulai dalam kehidupan keluarga lalu meningkat dalam kelompok sosial yang lebih luas. (4) Kerja sama berawal dari kesamaan orientasi. (5) Dalam kerja sama, tugas-tugas yang dibebankan kepada tiap individu dapat berbeda satu sama lain.

(6) Salah satu bentuk kerja sama adalah gotong royong, yakni mengerjakan sesuatu secara bersama-sama. (7) Gotong royong adalah sikap bekerja bersama-sama dalam menyelesaikan pekerjaan dan menikmati hasil pekerjaan tersebut secara adil. (8) Gotong royong merupakan suatu usaha atau pekerjaan yang dilakukan tanpa pamrih dan dilakukan secara sukarela oleh semua warga menurut batas kemampuannya masing-masing. (9) Gotong royong merupakan ciri khas dan budaya masyarakat Indonesia yang didorong adanya kesadaran bahwa manusia memerlukan bantuan orang lain dalam kehidupannya. (10) Manusia dapat hidup secara wajar apabila bersama-sama dengan manusia lainnya.

Susunan kata dilakukan secara sukarela pada kalimat 8 akan benar jika diubah menjadi ….
(A) dilakukan sukarela
(B) secara sukarela
(C) sukarela dilakukan
(D) sukarela jika dilakukan
(E) sukarela ketika dilakukan

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah B.

Untuk memahami alasannya, mari simak pembahasan berikut.

Kalimat efektif adalah kalimat yang mudah dipahami oleh orang lain dengan tepat. Kalimat yang dimaksud bisa dalam bentuk lisan maupun tulisan.

Syarat yang harus dipenuhi sebuah kalimat agar menjadi kalimat efektif, yaitu sebagai berikut.
1) Kesepadanan struktur.
2) Keparalelan bentuk.
3) Kehematan kata.
4) Menghindari pengulangan subjek.
5) Menghindari kesinoniman dalam satu kalimat.
6) Kecermatan penalaran.

Baca Juga :  Di sisi lain pemerintah terus mengupayakan percepatan dan perluasan target vaksinasi. Semula, vaksinasi diprioritaskan bagi para tenaga kesehatan, tenaga pengajar, dan lansia. Saat ini semua penduduk yang berusia 12 tahun ke atas sudah dapat menjalani vaksinasi. Terlepas dari upaya penyediaan oleh pemerintah, partisipasi dan kesadaran masyarakat juga sangat dibutuhkan.

Ciri kalimat efektif, yaitu sebagai berikut.
1) Memuat unsur kalimat minimal Subjek (S) dan Predikat (P).
2) Hemat kata: menghindari pengulangan subjek, menghindari kesinoniman kata, dan memperhatikan bentuk jamak.
3) Makna yang tepat: hanya memiliki satu makna, tidak ambigu ataupun menyimpang, dan memperhatikan penggunaan diksi.
4) Kelogisan bahasa.
5) Menggunakan ejaan dan kaidah kebahasaan yang berlaku.

“(8) Gotong royong merupakan suatu usaha atau pekerjaan yang dilakukan tanpa pamrih dan dilakukan secara sukarela oleh semua warga menurut batas kemampuannya masing-masing.”

Susunan kata ‘dilakukan secara sukarela’ pada kalimat 8 akan benar jika diubah menjadi ‘secara sukarela’.
Hal yang menyebabkan kalimat tersebut tidak benar adalah adanya pengulangan kata ‘dilakukan’ yang menyebabkan kalimat menjadi boros kata.

Kalimat perbaikannya menjadi:
“(8) Gotong royong merupakan suatu usaha atau pekerjaan yang dilakukan tanpa pamrih dan secara sukarela oleh semua warga menurut batas kemampuannya masing-masing.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Semoga membantu ya 😊

Daftar isi