Salah satu bentuk progam redistribusi pendapatan yang dilakukan pemerintah pada bidang jaminan akses kebutuhan primer adalah …

Salah satu bentuk progam redistribusi pendapatan yang dilakukan pemerintah pada bidang jaminan akses kebutuhan primer adalah …

a penyelenggaraan progam keluarga harapan (pkh)
b penyediaan kredit lunak bagi umkm
c progam kredit usaha rakyat (kue)
d progam banpres produktif usaha mikro (beum)

Jawabannya, a. penyelenggaraan progam keluarga harapan (pkh)

Redistribusi pendapatan merupakan kegiatan pemerintah untuk mendistribusikan pendapatan dari masyarakat mampu kepada masyarakat tidak mampu. Salah satu bentuk program redistribusi pendapatan dari pemerintah yaitu jaminan akses kebutuhan primer (dasar).

Berikut Jaminan akses kebutuhan dasar (primer) bagi rakyat bawah dilakukan pemerintah dengan menjalankan program-program sebagai berikut:
1) Program Indonesia Pintar. Program Indonesia Pintar merupakan program bantuan tunai yang diberikan pemerintah kepada siswa kurang mampu. Program ini diluncurkan melalui pemberian Kartu Indonesia Pintar (KIP).
2) Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan jaminan kesehatan yang diberikan pemerintah untuk memenuhi hak-hak dasar rakyat dalam bidang kesehatan. Jaminan ini diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan dan para penerima jaminan ini menerima kartu berupa Kartu Indonesia Sehat (KIS).
3) Program Keluarga Harapan (PKH). Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan pemberian bantuan uang tunai secara langsung kepada rakyat yang telah memenuhi persyaratan tertentu sebagai penerima. Sebelumnya program ini bernama Bantuan Langsung Tunai (BLT).
4) Bantuan Pangan Nontunai. Bantuan pangan nontunai merupakan bentuk bantuan pemerintah non tunai kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di pedagang bahan pangan yang bekerjasama dengan bank.

Kesimpulannya, a. penyelenggaraan progam keluarga harapan (pkh)

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com

Baca Juga :  Hal yang membedakan antara proses fotosintesis tumbuhan C4 dan CAM adalah…