CaSO4(s) ⇋ Ca^2+(aq) + SO4^2-(aq), endapan CaSO4 dapat terjadi bila dalam sistem …

CaSO4(s) ⇋ Ca^2+(aq) + SO4^2-(aq), endapan CaSO4 dapat terjadi bila dalam sistem …
A. [Ca^2+] = [SO4^2-] B. [Ca^2+] [SO4^2-] > Ksp CaSO4
C. [Ca^2+] [SO4^2-] = Ksp CaSO4
D. Jumlah mol CaSO4 mol SO4^2-
E. Jumlah mol CaSO4 mol SO4^2-

Jawaban yang benar adalah [Ca^2+] [SO4^2-] > Ksp CaSO4.

Hasil kali kelarutan dilambangkan dengan Qc dan cara menghitungnya sama dengan Ksp yaitu merupakan hasil kali konsentrasi ion-ion yang terurai dalam suatu garam sukar larut. Perbedaannya adalah nilai Qc menunjukkan hasil kali kelarutan pada keadaan yang belum bisa dipastikan apakah larutan tersebut belum jenuh, tepat jenuh atau lewat jenuh (terbentuk endapan), sedangkan Ksp merupakan hasil kali konsentrasi ion-ion yang terurai dalam suatu garam sukar larut pada keadaan maksimum (tepat jenuh).

Jika nilai Qc < Ksp → maka larutan tersebut belum jenuh (tidak terbentuk endapan).
Jika nilai Qc = Ksp → maka larutan tersebut tepat jenuh (endapan belum terbentuk).
Jika nilai Qc > Ksp → maka larutan tersebut lewat jenuh (ditandai dengan terbentuknya endapan karena pelarut tidak mampu lagi melarutkan zat terlarut yang dalam hal ini adalah garam sukar larut).

Oleh karena itu, endapan CaSO4 dapat terjadi jika dalam sistem nilai [Ca^2+] [SO4^2-] > Ksp CaSO4 atau Qc CaSO4 > Ksp CaSO4 artinya lewat jenuh dan terbentuk endapan.

Dengan demikian, endapan CaSO4 dapat terjadi bila dalam sistem [Ca^2+] [SO4^2-] > Ksp CaSO4.

Baca Juga :  Beni dan keluarganya hidup di daerah perkotaan. Mereka tinggal di daerah yang padat penduduk. Banyak sampah rumah tangga yang dihasilkan di daerah tersebut. Sementara itu, tempat penampungan sampah di daerah tersebut tidak mampu menampung seluruh sampah yang dihasilkan. Oleh sebab itu, banyak warga yang membuang sampah ke sungai. Tulislah dampak yang mungkin terjadi jika hal tersebut dilakukan terus-menerus.