Akibat persaingan yang tidak sehat. kh samanhudi dan rm tirtodisuryo mendirikan organisasi di solo. organisasi ini bertujuan melindungi kepentingan pedagang pribumi dari ancaman pedagang tiongkok. karena pada saat itu, para pedagang tiongkok menguasai perdagangan dipasar dan menggeser para pedagang lokal yang kurang pendidikan dan pengalaman. organisasi yang dimaksud adalah….

akibat persaingan yang tidak sehat. kh samanhudi dan rm tirtodisuryo mendirikan organisasi di solo. organisasi ini bertujuan melindungi kepentingan pedagang pribumi dari ancaman pedagang tiongkok. karena pada saat itu, para pedagang tiongkok menguasai perdagangan dipasar dan menggeser para pedagang lokal yang kurang pendidikan dan pengalaman. organisasi yang dimaksud adalah….

Jawabannya adalah Serikat Dagang Islam (SDI).

Sarekat Dagang Islam didirikan oleh K.H Samanhudi pada 16 Oktober 1905. Samanhudi mendirikan Sarekat Dagang Islam dengan tujuan untuk menggalang kerja sama antara pedagang Islam demi memajukan kesejahteraan pedagang Islam pribumi, utamanya pedagang batik di Surakarta. Sebab pedagang Tionghoa yang pada saat itu melakukan monopoli terhadap perdagangan batik di Solo. Praktik monopoli yang dilakukan oleh pedagang Tionghoa membuat para pedagang lokal dirugikan terlebih dalam menentukan harga.

Jadi jawabannya adalah Serikat Dagang Islam (SDI).

Baca Juga :  Perhatikan grafik berikut! Berapakah gradien garis tersebut?