Beberapa tahun kebelakang tentunya kalian pernah mendengar istilah Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), Jelaskan maksud

Beberapa tahun kebelakang tentunya kalian pernah mendengar istilah Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), Jelaskan maksud

Jawaban
Manajemen berbasis sekolah adalah manajemen atau pengelolaan sekolah untuk mendorong partisipasi aktif guru dan siswa untuk meningkatkan mutu sekolah.

Pembahasan
Manajemen berbasis sekolah dapat diartikan sebagai model pengelolaan yang memberikan otonomi dan fleksibilitas kepada sekolah sekaligus mendorong partisipasi warga sekolah (guru, peserta didik, kepala sekolah, karyawan) secara langsung untuk meningkatkan mutu sekolah berdasarkan kebijakan pendidikan nasional serta peraturan undang-undang yang berlaku.

Implementasi MBS antara lain bertujuan untuk meningkatkan, meningkatkan kepedulian warga sekolah dan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan, meningkatkan tanggung jawab kepala satuan pendidikan, meningkatkan kompetisi sehat antar satuan pendidikan, serta meningkatkan efisiensi, relevansi, dan pemerataan pendidikan di daerah.

Jadi, Manajemen berbasis sekolah adalah manajemen atau pengelolaan sekolah untuk mendorong partisipasi aktif guru dan siswa untuk meningkatkan mutu sekolah.

Baca Juga :  Dalam suatu larutan terdapat anion SO4^2-, CO3^2-, OH-, C2O4^2- dan NO3^-. jika larutan ditambahkan Ca2+, senyawa yang paling sulit mengendap adalah ....