Breaking News
Rahasia Trading Saham Yang Wajib Kamu Tau

Rahasia Trading Saham Yang Wajib Kamu Tau

Di video kali ini, kita akan belajar dari salah satu analisis yang saya berikan di channel telegram saya dan pada akhirnya kita semua bisa cuan! Tonton sampai habis karena saya jamin setelah kalian nonton video ini kalian bisa trading dengan analisis kalian sendiri. Let’s go! Halo Smart Traders! Balik lagi sama saya Andy Senjaya.

Nah buat kalian yang sudah follow saya sejak lama khususnya di Instagram dan Telegram, kalian pasti familiar dengan analisis yang satu ini.

Oke saya munculkan dulu gambarnya! Nah ini dia analisisnya yang saya share di Channel Telegram saya pada tanggal 22 April 2020. Saham yang saya rekomendasikan, pasti kalian semua udah pada tau yaitu saham Charoen Pokphand dengan kode saham CPIN temen-temen! Oke tapi sebelum kita mulai, saya mau ajak temen-temen untuk subscribe dulu di channel ini buat yang belum subscribe.

.. Bantu saya untuk mengembangkan channel ini agar dapat bermanfaat untuk trader-trader di luar sana. Dengan kalian berlangganan channel ini, saya akan membantu kalian untuk menjadi Smart Traders dan pastinya langganan ini gratis! Jangan lupa nyalakan juga loncengnya biar kalian gak lupa dan ketinggalan video-video analisis selanjutnya dari saya!

Terima kasih buat semua support dari kalian semua, yuk langsung saja kita bahas temen-temen! Oke, jadi sebelumnya saya sudah sering bahas tentang analisis saham CPIN ini, baik di Telegram maupun di Instagram.

Kalau kalian follow Instagram saya, kalian pasti sudah pernah lihat postingan saya seperti gambar di samping ini. Di sana saya membahas secara detail mengenai analisis teknikal saham CPIN, dan kalian pasti sudah tahu trading plan saya waktu itu. Nah kalau gitu kenapa sekarang di bahas lagi, ko?

Oke, walaupun saya sudah sempat bahas di Instagram, saya merasa dari analisis saham ini banyak hal yang bisa kita pelajari dan saya mau share juga buat kalian temen-temen trader semua. Nah biar temen-temen juga bisa tahu pertimbangan untuk melakukan aksi Buy, bagaimana cara melihat Risk Reward, dan apakah kita bisa bener-bener tahu bahwa saham tersebut akan naik. Harapan saya semoga kalian semua setelah nonton video ini sampai habis, bisa melakukan analisa sendiri dan bisa menghasilkan cuan! Oke ga perlu lama-lama lagi, seperti biasa, yuk langsung kita ke chart berikut! Oke temen-temen, di depan layar kalian ini, sudah ada sebuah chart Charoen Pokphand atau CPIN ya.

Nah, disini saya mau ngejelasin secara pelan-pelan aja biar kalian juga bisa mengerti bagaimana cara saya analisis dan kalian juga bisa dapat pelajaran dari video ini. Nah, buat temen-temen yang belum tahu, ini adalah charting tools yang disediakan oleh RTI Business. Jadi di video sebelumnya, saya pakai investing.com, tapi karena sekarang investing.com nya ini sudah tidak bisa di akses lagi, jadi saya pakai rti.

co.id. Oke, nah disini sudah ada analisis CPIN ya temen-temen.

Saya mau kasih lihat dulu analisis saya di telegram sebelumnya. Nah, disini kalau kalian lihat itu saya kasih analisis tanggal 22 April.

Nah di sini saya bilang bahwa Entry di sini Stop Loss di sini, semuanya udah ada di sini ya. Nah disini saya bilang, ada kemungkinan besar harga naik dan bisa membuat Double Bottom. Seperti apa sih? Nah sebelumnya yang saya kotakkin ini tuh belum ada ya. Ini adalah pergerakkan sesudahnya ya.

Nah ini belum ada. Jadi ketika saya bikin analisis itu di tanggal 22 April. Nah di sini kita mau lihat bigger timeframe nya dulu aja deh! Seperti biasa buat Charoen Pokphand, biasanya saya akan lihat timeframe monthly.

Secara timeframe monthly, sebenarnya saham ini tuh masih terlihat cenderung naik, karena dia masih tertahan di Support yang ada di sini nih.

Jadi, hitungannya dia tuh masih naik sebenarnya. Seperti ini lah, kurang lebih lah ya temen-temen analisis singkatnya. Kemudian kita turunin ke daily langsung. Jadi sebenarnya prinsip dasar saya adalah, selalu FOLLOW THE TREND gitu ya. Tapi kalau kita lihat sebenarnya, secara daily timeframe, Charoen Pokphand itu trend nya lagi turun.

Oke, jadi kenapa saya berani trade seperti ini? Nah sebenarnya di sini itu ada sebuah peluang juga, kita bisa Trading Reversal. Tapi karena memang daily timeframe nya itu lagi turun, nah saya biasanya kecilin risk nya. Biasanya yang 2% dari modal gitu, untuk risk nya saya kecilin jadi hanya 1% atau 0,5% kalau hitungannya saya counter the market. Tapi bukan berarti kita nggak bisa Trading Reversal.

Nah, temen-temen waktu itu kenapa saya rekomendasikan untuk membeli saham ini? Oke, kalau kalian tahu prinsip dasar dari teknikal analisis, salah satunya adalah Support and Resistance. Nah, gimana sih cara menggambarkan Support dan Resistance itu? Biasanya di ujung-ujungnya atau di peak atau di low nya. Nah, kalau kalian lihat, ini kan ujungnya kita bisa tandai itu sebagai Support.

Nah, disini kalian bisa tandai sebagai Resistance. Nah, biasanya cara saya menarik Resistance itu, dari shadow, itu saya tarik ke closenya sebelumnya. Jadi sebenarnya, Support atau Resistance itu adalah sebuah area, bukan satu titik pasti aja. Oke, jadi adalah semua area di sini. Jadi ceritanya tanggal 22 April itu kalau kalian lihat, ada sebuah formasi yang namanya Double Bottom.

Baca Juga :  3 Cara Beli Saham Perusahaan Luar Negeri

Kalau kalian belajar Teknikal Analisis, kalian tahu ada yang namanya pola atau pattern Double Bottom. Nah, biasanya konsep dasarnya itu simple aja. Konsep dasarnya adalah Support dan Resistance. Jadi ketika dia mantul di Support, dia biasanya akan membentuk Double bottom seperti ini.

Saya akan tandain di sini dan juga di sini dan juga di sini ya temen-temen, Double Bottom seperti ini.

Tapi saya akan menunggu sebuah konfirmasi. Konfirmasi itu seperti apa? Konfirmasi itu biasanya akan saya lihat candlestick nya. Kalau kalian lihat, candlestick yang terjadi pada 22 April gitu ya, ini adalah candlestick Reversal. Kita bisa anggap dia sebagai Bullish Engulfing atau kalian juga bisa lihat di sini adalah Outside Bar.

Artinya, ini adalah sebuah Candle Reversal, temen-temen. Ini kalau misalnya saya bisa munculin gambarnya, lebih enak lagi kalian bisa lihatnya ya belajarnya ya. Kemarin itu saya rekomendasikan untuk membeli saham ini, dan saya prediksi dia akan naik gitu ya sampai ke atas sini, ke Resistance, pokoknya ke area Resistance gitu ya. Nah, di sini baru ada satu peluang temem-temen ya, untuk kita bisa beli. Nah, kemarin saya membuat prediksi untuk beli di sini.

Bagaimana menentukan Stop Loss nya? Kalau saya sendiri cara menentukan Stop Loss nya adalah di titik terakhir Support nya. Di titik terakhir Support nya, kemudian diturunin satu tick gitu ya. Jadi kalau di sini titik terendahnya adalah 3800, biasanya saya taruh di sini 3790 temen-temen, untuk Stop Loss nya.

Nah, untuk take profitnya dimana temen-temen?

Biasanya bisa sampai Resistance atas sini ya, cuman kan kita nggak tahu ini. Resistance itu adalah sebuah area. Gimana sih cara menentukan take profitnya ya, karena kan itu area, kita harus menjual di satu titik ya sebenarnya. Nah, kalau cara saya sendiri, saya biasanya ambil rata-rata tengahnya di sini temen-temen ya. Kita cari median atau nilai tengah nya ya.

Nah, kalau kalian disini lihat, batas atasnya adalah 5325 dan batas bawahnya 4940. Nah biasanya saya pakai kalkulator, saya cari titik tengahnya, jadi disini saya akan hitung 5325 saya tambahin 4940, saya bagi 2 nih temen-temen, jadi dapatnya 5132 tapi saya buletin ke bawah aja jadi 5125. Jadi saya akan bikin garis di sini. Oke, saya akan ganti di sini 5125 untuk batas take profitnya. Ini saya ganti juga jadi 5125 ya untuk take profit nya.

Nah temen-temen kalau kalian lihat, kita udah jadi ini trading plan nya ya. Anggap aja ini nya masih belum ada ya. Candle-candle nya setelahnya itu masih belum ada. Nah, oke temen-temen, yang harus jadi pertimbangan kalian juga di sini adalah Risk : Reward Ratio. Kalau kalian lihat di sini adalah Risk : Reward Ratio itu minimal harus 1 banding 2.

Biasanya kalau prinsip saya, di bawah 1 banding 2, saya gak akan trading walaupun harganya mungkin bisa naik ke atas, tapi saya gak akan, karena menurut saya gak worth gitu ya. Karena saya pengen dapet Reward yang jauh lebih besar, at least 2 kali lipat dari Risk yang saya taruh. Sekali lagi saya disclaimer dulu, ini nggak selalu berhasil teman-teman ya. Ini tergantung Market Tapi yang bisa kita lakukan adalah, kita cari set up yang paling bagus gitu ya biar kita dapat peluang profit nya juga tinggi. Nah, setelah ini saya memustuskan untuk entry.

Nah, di sini juga sebenarnya kalau kalian lihat, ini adalah sebuah Impulsif Move ya ke atas karena ketika naik ke atasnya ini, hanya beberapa hari saja sudah nyampe ke atas, dan ketika dia ke bawah dia butuh beberapa hari gitu ya cukup lama. Jadi saya bisa bilang yang di naiknya itu Impulsif yang turun nya itu koreksi. Nah, di sini juga kalau kalian pindahin ke timeframe yang lebih kecil ya, tapi karena di sini pakai RTI tidak bisa dipindahkan ke satu jam, saya kasih lihat nya seperti ini aja ya.

Kalian bisa tarik garis dari sini. Ini ada Resistance yang dinamis seperti ini kurang lebih ya.

Jadi itu harus di break, biar lebih konfirm lagi sebenernya ya, cuman dari Candlestick Pattern yang ada di sini aja, sudah menunjukkan ini adalah peluang yang bagus untuk sahamnya bisa naik atau Reversal. Oke, temen-temen jadi ini saham yang saya rekomendasikan, dengan trading plan seperti ini. Nah, kalian bisa lihat untuk detailnya seperti ini kurang lebih. Waktu itu saya kasih gambarannya. Saya gak terlalu spesifik gitu ya di gambar, yang penting saya sudah kasih tahu entry nya di berapa, take profit nya di berapa, stop loss nya juga di berapa gitu ya.

Nah kalau misalkan kalian join di Channel Telegram saya, mungkin kalian ada yang ikut rekomendasi dari saya ya. Oiyaaa, sebelumnya saya lupa, di sini ketika dia ada Reversal, muncul sebuah candlestick yang bisa mengindikasikan Reversal. Kalian harus konfirmasi dengan volume nya juga. Nah, di sini kalau kalian lihat volume nya itu lumayan, dari 2 hari yang sebelumnya, volumenya itu cukup lumayan. Masih bisa kalian pertimbangkan untuk masuk gitu ya.

Baca Juga :  Sekuritas Saham Paling Cocok untuk Pemula

Nah ketika banyak juga dari kalian yang ikut, waktu itu di grup itu banyak yang senang ketika besok naik, tapi ketika hari berikutnya dia turun, dan turun nya itu lebih besar gitu ya, dan di bawah entry point yang awal, nah banyak orang panik. Dan hari besoknya pun masih turun lagi, ini bisa sampai minus 3% kalau saya tidak salah gitu ya, dan gak sedikit dari kalian yang langsung ngomong itu di grup Telegram gua, bahwa tahu turun kayak gini gua take profit aja gitu.

Gua cut profit aja di hari pertama gitu, ditunggu-tunggu malah turun lebih dalam lagi gitu ya. Tapi di sini sebuah pelajaran temen-temen. Saya mau ngasih tahu ke kalian bahwa kita tuh trading perlu kesabaran gitu ya.

Jadi ketika saya kasih rekomendasi itu, sahamnya gak langsung serta merta naik ke atas situ, ketika dia naik itu, dia akan naik seperti tangga, jadi naik turun naik turun naik turun, yang penting zone-zone nya itu kita tepat gitu, kita tahu dan tungguin aja gitu.

As long as harganya tidak menyentuh stop loss level kita, itu masih aman, jadi gak perlu khawatir ketika dia floating minus 3% atau 4% selama gak menyentuh stop loss kita, ya udah, kita masih in the track gitu istilahnya. Nah, kemudian saya juga sempet share gitu itu ya di Telegram saya, bahwa ada kesempatan kedua untuk entry sebenarnya. Kenapa di sini? Karena di sini kita sudah membuat yang namanya new Higher Low.

Nah, dan ini juga bentuk candlenya adalah Pin Bar. Kita bisa memanfaatkan untuk second entry kalau mau. Nah di sini, ketika kita tarik garis di sini, kita harap dia bisa break ke atas situ ya. Entry yang tepat adalah kita entry ketika break out level di sini aja, sini kan Resistance yang sebelumnya karena dia sempat mantul disini ketika dia break ke atas, kita bisa second entry dan kita bisa Averaging Up istilahnya, itu adalah salah satu teknik juga yang saya suka pakai.

Nah di sini ketika naik lagi, harganya turun lagi, dan sekali lagi saya bilang, jangan berpatok pada nominal nya ketika kalian sebelumnya sudah plus mungkin sekitar 10% gitu tiba-tiba bisa kembali lagi ke 5%, kalian merasa sayang gitu sebelumnya gak di take profit, malah kalian meragukan analisisnya.

Padahal kalau kalian ikutin analisis ya, ya mungkin butuh waktu aja dan kesabaran untuk mencapai take profitnya, itu adalah salah satu pelajaran yang saya mau informasikan buat teman-teman ya. Nah, ini selama kurang lebih 27 hari dan perlu 17 hari trading baru harganya itu mencapai take profit kita nih, yang pertama nih, nah kalian bisa mendapatkan 24% hampir 25%. Nah kalau kalian sabar, jadi kalian mau dapatin 25% itu nggak bisa dalam waktu cuman satu hari dua hari tiga hari gitu walaupun ada beberapa saham yang bisa naik sehari 25% gitu ya. Tapi kalau saham yang seperti ini, kalian harus sabar, kalian harus belajar menunggu dan kalau misalnya analisinya nya memang akurat gitu ya, percayalah bahwa harganya akan menyentuh dan sesuai dengan analisis kalian. Nah kemudian saya juga membuat postingan yang kedua temem-temen.

Kalian bisa lihat di sini juga ya. Nah, di situ juga saya membuat sebuah analisa gitu ya bahwa akhirnya kita sudah mencapai take profit kita nih, apa yang kita lakukan setelah nya? Nah, di sini yang saya lakukan adalah pertama sebenarnya sebelum mencapai take profit, itu ketika saham nya itu udah profit dua kali lipatnya dari risk nya disini, 1 banding 2 sekitar di sini gitu ya. Ini saya sudah move Stop Loss saya ke Break Even Point. Kurang lebih saya move ke situ ya.

Jadi udah nggak ada risk lagi temen-temen ya. Jadi kalau misalkan harganya ternyata turun lagi ke bawah, saya akan jual di Break Even Point, jadi bener-bener aman, udah kayak gini enak banget temen-temen.

Udah gak ada resiko lagi dan aman, kalian bisa pakai strategi ini juga. Nah kemudian ketika dia mencapai target profit temen-temen ya, di atas sini, nah di sini ada dua strategi lagi nih yang bisa kalian pakai. Strategi yang pertama adalah kalian menjual semua saham yang sudah kalian punya, 100% kalian jual dan kalian take profit di angka tersebut.

Tapi kalau saya, suka dengan cara yang kedua atau strategi yang kedua, yaitu saya akan jual 50%, take profit yang pertama saya akan jual 50% dan 50% nya lagi saya akan tunggu. Saya akan kasih ruang kalau misalkan dia bisa break resistance yang orange ini, harganya seharusnya bisa naik lagi ke atas sana. Jadi biasanya Double Bottom itu ketika dia bisa break di atas ini, ini saya delete dulu ya biar nggak terlalu bingung ya, biasanya kalau dia naik sejauh ini ketika dia break keatas sini, dia juga bisa bergerak sejauh ini, nah kurang lebih bisa ke sini ya. Dan kalau kalian lihat di sini itu adalah area Resistance juga, jadi yang saya lakukan adalah, saya hanya take profit 50% kemudian 50% nya lagi saya biarin aja gitu, let the profit runs. Oke, nah ternyata sempat turun lagi nggak ada masalah, saya masih pegang 50% dan 50% nya itu saya sudah untung.

Baca Juga :  Beli Saham Pakai Aplikasi Stockbit

Kalau amit-amit ya dia turun lagi ke bawah, saya akan pindahin Stop Loss nya lagi ke mana? Ke Support yang terdekat temen-temen ya. Saya akan pindahin Stop Loss nya ke sini. Jadi Stop Loss nya itu profit. Jadi kalau ke jual pun saya masih untung.

Nah ketika saya pindahin kesini, saya udah gak ada risk lagi apa-apa. Ketika dia turun, ya udah gak masalah. Saya sudah secured profit 50% gitu ya, di target profit pertama. Nah ini adalah yang dinamakan TRAILING STOP.

Yang di sini kalian belajar lagi satu hal yang namanya TRAILING STOP.

Nah, ternyata ketika dibiarkan, harganya itu ternyata break ke atas sini. Dia berhasil naik ke sini, kemudian menyentuh area Resistance yang ada di sini sih sebenarnya, cuma kalau misalkan kita pakai target profit yang di sini, itu masih belum dapat ya, nanti kita akan hitung lagi, ini target profitnya dimana. Karena di sini juga biasanya kita bisa pakai cara yang tadi ya, kita tentuin nilai tengahnya di mana atau pas di titik yang di sini ya. Jadi ketika dia break ke atas, kita bisa pindahin lagi Stop Loss nya disini temen-temen. Di swing terakhir nya, jadi kita sudah secure lumayan banyak nih.

Dan hampir mencapai TP yang pertama nih. Nah, ketika dia naik ke atas, belum sampe target profit kita, jangan khawatir, ya udah biarin aja, let the profit runs. Nah kemudian ketika dia koreksi ke bawah turun, nah di sini dia membuat sebuah Support lagi, nah kita bisa pindahin lagi disini buat Stop Loss nya lagi di bawah sini, jadi nanti peluangnya 50% di harga yang awal 50% lagi di harga atas buat dapat keuntungannya gitu ya.

Nah ini adalah strategi trading yang sebenarnya bisa dikembangkan. Jadi bukan cuman beli, kemudian jual lebih tinggi lagi, tapi ada beberapa teknik yang bisa kalian gunakan untuk memaksimalkan keuntungan.

Oke, jadi kesimpulannya adalah saham ini kita berhasil cuan, dan lumayan banyak juga, dan temen-temen juga yang ikut bisa dapat cuan. Jadi pelajarannya, kalau kalian melihat chart yang seperti ini lagi ada potensi Double Bottom, kalian bisa entry gitu ya dengan kalian sendiri, analisis kalian sendiri dan kalian bisa pakai strategi yang saya sudah jabarkan tadi.

Nah, saham apalagi yang mirip dengan CPIN ini? Jadi sebelumnya saya juga sempat membuat sebuah analisa di saham SMGR. SMGR ini Semen Indonesia, juga kalau kalian lihat sama gitu ya, di sini area Resistance nya, dan disini kalau kalian lihat ada sebuah Bullish Engulfing dengan volume yang sangat tinggi juga, dan saya rekomendasikan untuk beli juga waktu itu dan pada akhirnya bisa naik ya temen-temen ya.

Tembus juga di support yang di sini teman-teman. Nah itu dia pembahasan analisis kita hari ini. Bayangkan guys! Dari 1 analisis saja kita bisa dapat banyak sekali pembelajaran berharga di sini. Semoga bermanfaat buat kalian semua dan saya harap setelah kalian nonton video ini, kalian bisa jadi trader yang mandiri, yang bisa melakukan analisis sendiri dan membuat trading plan sendiri.

Nah buat kalian yang merasa video tersebut bermanfaat, saya mohon kalian tuliskan komentar kalian di kolom komentar di bawah ini, biar saya bisa tahu dan semangat untuk membuat video seperti ini di kemudian hari.

Oiyaaa buat kalian belum follow instagram saya, silahkan kalian follow di @andysenjaya karena setiap harinya saya rutin memposting informasi, edukasi dan prediksi seputar saham. Dan kalau kalian penasaran dengan trading plan saya atau ingin rekomendasi dari saya, silahkan join channel telegram saya. Link nya saya taruh di deskripsi di bawah ini ya. Karena setiap harinya saya bakal share ke kalian analisis atau saham apa sih yang sedang saya amati.

Kalau kalian suka dengan video ini, saya ajak kalian untuk klik tombol like, subscribe dan please share, share, share ke temen-temen kalian agar mereka pun bisa belajar saham bareng-bareng dengan kita. Saya sangat mengapresiasi support dari kalian agar channel ini bisa terus berkembang dan bermanfaat banyak untuk trader-trader di Indonesia. Dan jangan lupa kalau kalian belum sempat nonton video series “Perang Saham”, silahkan curi ilmunya dan video nya ada di sebelah sini! Dan di sebelah sini juga juga adalah video yang mendapat viewers terbanyak sejauh ini.

Akhir kata, terima kasih untuk kalian semua yang sudah nonton video ini dan semoga bermanfaat!

Nama saya Andy Senjaya, “Be a Smart Trader” “Salam cuan” “Ciao!”.