Breaking News
Apple Silicon ARM Chips vs Intel x86 Processors for Mac

Apple Silicon ARM Chips vs Intel x86 Processors for Mac?

Cara terbaik untuk membuat situs web yang luar biasa! Jadi seperti yang Anda semua tahu, Apple mengganti prosesor Intel di semua Mac mereka dengan Apple Silicon SoCs internal mereka sendiri mulai akhir tahun ini, dan saya telah menggali jauh ke dalam video tutorial pengembang Apple untuk mencoba dan mencari tahu seberapa besar pengaruhnya. Dan dari kelihatannya, semuanya akan berubah menjadi lebih baik, dan tidak sedikit. Di video ini, saya akan membahas bagaimana Intel menahan Apple Mac selama beberapa tahun terakhir, saya akan berbicara tentang prospek Intel yang mengecewakan di masa depan, saya akan membahas mengapa keputusan Apple untuk beralih ke Apple Silicon adalah skenario kasus terbaik, dan saya juga akan menunjukkan tweet yang sangat mengesankan dari pengembang aplikasi nyata dan apa yang mereka katakan tentang Apple Silicon sejauh ini. Jadi mari kita mulai dengan masa lalu Intel dalam hal mendukung perangkat Apple, tetapi pertama-tama, izinkan saya memberi tahu Anda tentang sponsor kami, Squarespace.

Jika Anda berpikir untuk membuat situs web Anda sendiri, Squarespace adalah cara terbaik untuk melakukannya. Saya membangun situs web yang menarik untuk bisnis kebersihan istri saya tanpa pengalaman membuat web .

Anda cukup memilih template, menyesuaikan blok teks dan gambar, dan memindahkannya dengan mudah . Ini sangat sederhana, terjangkau, dan telah berjalan dengan sempurna selama hampir dua tahun, mendatangkan klien baru berkat alat SEO bawaannya. Jadi, baik Anda membuat situs web untuk bisnis kecil atau untuk hal lainnya, kunjungi squarespace.

com untuk uji coba gratis, dan gunakan tautan khusus kami di bawah saat Anda siap meluncurkan untuk menghemat 10% pada pembelian pertama Anda situs web atau domain! Masalahnya dimulai pada tahun 2013, ketika Intel mengklaim dapat memproduksi chip 10nm pada tahun 2015. Kemudian mereka menundanya hingga 2016, dan kemudian akhir 2017, dan kemudian akhir 2019, dan inilah kita pada tahun 2020, dan kita baru sekarang akhirnya melihat beberapa chip 10nm arus utama yang bagus.

Jadi itu penundaan 5 tahun dari saat Intel awalnya mengklaim proses 10nm mereka akan siap. Seperti yang mungkin Anda ketahui, MacBook Pro Apple telah mengalami masalah panas berlebih dalam beberapa tahun terakhir, dan inilah alasannya.

Sementara Intel menjanjikan bahwa prosesor 10nm mereka yang lebih efisien akan segera hadir, Apple sedang mengerjakan desain ulang MacBook Pro 2016, membuatnya setipis mungkin sambil mengemas kinerja yang luar biasa. Sayangnya, prosesor 10nm Intel belum siap untuk rilis awal MacBook Pro 2016, jadi Apple harus tetap menggunakan prosesor 14nm lama Intel, yang baik-baik saja untuk saat ini, tetapi Apple dan MacBook Pro mereka sistem pendingin yang tipis dan sangat terbatas. tidak mengharapkan Intel untuk menunda 10nm begitu lama. Dan ketika Intel mulai meningkatkan jumlah inti untuk mengimbangi prosesor AMD Ryzen, MacBook Pro mulai melambat, sangat buruk, terutama pada tahun 2018 dengan prosesor 6-core i9 Intel. Ini telah menyebabkan beberapa liputan pers Apple yang sangat buruk , mendorong pengguna untuk percaya bahwa MacBook Pro tidak dapat menangani panasnya prosesor terbaru Intel.

Jadi poin yang saya coba sampaikan adalah bahwa jika Intel benar-benar menyiapkan proses 10nm mereka pada tahun 2015 seperti yang mereka katakan, kita mungkin belum pernah melihat masalah panas berlebih pada MacBook Pro.

Baca Juga :  Liquid Metal Maintenance for 8th Gen Intel Processors. Delid Check

Dan hanya beberapa hari yang lalu, Intel merilis laporan pendapatan Q2 mereka yang menyebabkan harga saham mereka benar-benar anjlok, dan sebaliknya, saham saingan chip mereka AMD meroket selama periode waktu yang sama. Alasan Intel kehabisan stok adalah karena mereka mengumumkan bahwa chip 7nm mereka akan ditunda hingga 2022 atau 2023. Dan berkat berita itu, Firma Hukum Rosen telah mengajukan gugatan class action terhadap Intel dengan mengklaim bahwa investor mereka menderita kerugian karena Intel mengetahui mereka Proses 7nm memiliki masalah besar dan bukannya memperingatkan investor, mereka menyesatkan mereka dengan terus memberi mereka pernyataan positif. Jadi pada kenyataannya, sepertinya pilihan Apple untuk akhirnya meninggalkan Intel terjadi pada waktu yang tepat, karena jika Apple terjebak dengan Intel, semua berita ini juga akan sangat buruk bagi harga saham Apple juga.

Keputusan Apple untuk meninggalkan Intel sebenarnya dimulai pada tahun 2015. Menurut seorang mantan insinyur utama intel, jaminan kualitas yang buruk dari Skylake bertanggung jawab atas keputusan Apple untuk membuang Intel. Dia mengatakan bahwa Apple menjadi pelapor nomor satu masalah arsitektur skylake. Dan saat ini, situasi di Intel sangat buruk sehingga chief engineering officer Intel akan mengundurkan diri hanya dalam beberapa hari, dan Intel benar-benar memisahkan banyak unit engineering mereka menjadi berbagai tim untuk mencoba dan menghentikan masalah ini agar tidak terjadi lagi.

Dan Anda tahu itu buruk ketika Intel sendiri mulai berbicara tentang outsourcing chip 6nm, 5nm dan 3nm masa depan mereka langsung dari salah satu saingan mereka, TSMC, yang berarti Intel mulai menyerah pada pengecoran mereka sendiri.

Itu pada dasarnya seperti Chevy yang meminta Ford untuk membuat truk masa depan mereka karena mereka kehilangan kepercayaan pada pabrik mereka sendiri. Jadi Anda mungkin bertanya, apa hubungannya semua ini dengan Apple dan Apple Silicon Mac baru mereka? Nah, TSMC telah bekerja sama dengan Apple sejak 2011 untuk membuat chip untuk perangkat seluler mereka seperti iPhone.

Faktanya, setiap chip iPhone dan iPad sejak A10 di iPhone 7 telah dibuat secara eksklusif oleh TSMC. Dan jika Anda melihat grafik ini, duo ini telah menyebabkan iPhone benar-benar hancur dalam hal kinerja dalam beberapa tahun terakhir, terutama dengan iPad Pro 2018 yang berjalan pada proses 7nm TSMC.

Dan sudah dikonfirmasi bahwa chip A14 iPhone 12 akan dibuat dengan proses 5nm baru dari TSMC, dan itu adalah proses yang sama dengan chip Apple Silicon Macc yang akan dibuat. Dan berita yang lebih baik lagi adalah bahwa TSMC sudah dalam perjalanan untuk mengambil risiko produksi proses 3nm masa depan mereka pada tahun 2021, dan sepertinya 3nm akan masuk ke produksi massal untuk perangkat Apple 2022, termasuk Apple Silicon Mac mereka. Jadi tampaknya sangat mungkin bahwa pada tahun 2022, Intel masih akan mengerjakan chip 7nm mereka sementara TSMC sudah memiliki chip 3nm mereka dalam produksi massal, jadi pilihan Apple untuk membuang Intel dan menggunakan TSMC dan Apple Silicon mereka sendiri jelas merupakan pilihan terbaik mereka. bisa saja membuat.

Baca Juga :  AMD Ryzen 7 5800X vs Intel i7-10700K - Best 8 Core CPU?

Satu-satunya pertanyaan yang tersisa adalah, apakah Apple Silicon benar-benar mampu mengimbangi kinerja chip Intel?

Nah, A12X di iPad Pro dari 2018 sudah mengungguli chip 10nm i7 baru Intel untuk MacBook Pro 2020, baik dalam kinerja prosesor maupun kinerja grafis. Dan itu tanpa pendinginan aktif sama sekali. Dan Apple telah menyebutkan bahwa chip Apple Silicon Macs mereka akan ditingkatkan agar sesuai dengan penutup masing-masing Mac mereka, yang menjadi faktor dalam pendinginan aktif, sehingga kami dapat mengharapkan lebih banyak kinerja. Sekarang sejauh membandingkan kinerja chip Intel dan TSMC, yang penting adalah kepadatan transistor, yang sangat mempengaruhi kinerja per watt. Seperti yang dapat Anda lihat dari bagan ini, proses 10nm baru Intel yang baru saja mulai memasuki perangkat baru baru-baru ini, berukuran sekitar 100 juta transistor per milimeter persegi.

Proses 7nm+ EUV TSMC mengalahkannya sekitar 115, dan itulah proses yang digunakan untuk membuat chip A13 di iPhone 11 hampir setahun yang lalu. Dan bulan depan, kami mengharapkan Apple untuk mengumumkan iPhone 12 dengan chip A14, yang akan dibangun di atas proses 5nm TSMC yang memiliki kerapatan transistor terukur sekitar 171,3, jadi sekitar 73% lebih padat daripada proses 10nm baru Intel.

Dan ternyata, proses 3nm TSMC pada tahun 2022 diperkirakan memiliki lebih dari 291 juta transistor per milimeter persegi, dibandingkan dengan proses 7nm Intel mungkin pada tahun 2023 yang diklaim Intel akan memiliki sekitar 2,4x kepadatan proses 10nm mereka, jadi itu akan menjadi sekitar 240 dibandingkan ke 291 TSMC. Dan pada bulan April, TSMC sudah memulai pengembangan proses 2nm masa depan mereka. Jadi yang ingin saya katakan adalah bahwa Apple berada di tempat yang jauh lebih baik dengan beralih ke chip silikon Apple mereka sendiri yang diproduksi oleh TSMC, terutama karena Intel memiliki rekam jejak yang panjang dalam menunda chip mereka.

Jadi sekarang setelah kita menyelesaikan semua itu, mari kita bahas transisi kontroversial Apple dari chip Intel x86 ke chip berbasis ARM, yang menurut sebagian orang akan menjadi transisi yang sangat sulit bagi pengembang dan dukungan aplikasi.

Dan untuk melakukan ini, mari kita lihat apa yang dikatakan pengembang aplikasi yang memiliki akses ke Kit Transisi Pengembang Apple yang mengemas chip A12Z Berbasis ARM dari iPad Pro tentang transisi ini. Pengembang aplikasi Longhorn baru-baru ini mengatakan bahwa pada titik ini, generasi pertama Apple Silicon Mac akan lebih cepat dalam menjalankan kode x86 daripada chip x86 yang sebenarnya. Dia juga mengungkapkan nama kode tiga chip Apple baru yang hampir pasti untuk Apple Silicon Mac, mengisyaratkan 3 Mac baru tahun ini, mungkin MacBook Pro, MacBook Air, dan iMac 24″. Insinyur Perangkat Lunak Senior di Disney Animation menyebutkan bahwa Rosetta 2 bekerja dengan sangat baik, sama sekali tidak ada masalah bahkan dengan kode yang rumit.

Dia kemudian menyebutkan bahwa versi x86 dari CMake berjalan dengan sangat baik melalui Rosetta 2. Yining menerima kit Pengembangnya pada tanggal 2 Juli, dan keesokan harinya, dia sudah memiliki aplikasi rendering hobi mainan yang di-porting dan berjalan secara native di ARM macOS, dengan total waktu porting hanya memakan waktu 5 jam. Dia kemudian menyebutkan bahwa sekarang dia memiliki beban kerja dunia nyata yang berjalan secara native di ARM dan Intel MacOS, dia mengatakan bahwa dia 100% siap dengan masa depan ini.

Baca Juga :  AMD Ryzen 5 3600 vs Intel i5-9600K - CPU Comparison

Jika ini adalah insinyur Apple yang bahkan tidak mencoba, maka produk nyata yang akan datang akan menjadi liar. Dia juga menyebutkan bahwa kit transisinya tetap dingin saat disentuh di semua permukaan saat menjalankan adegan dengan hobinya yang dirender, sementara MacBook Pro 16” istrinya menjadi sangat panas.

Dia juga mengatakan bahwa Mac Mini-nya yang berbasis Intel tidak pernah tetap dingin saat disentuh di bawah beban. Josh, yang bekerja sebagai teknisi kreatif di Netflix, menyebutkan pada 3 Juli bahwa dia melihat banyak akun yang sudah berjalan di Apple Silicon dalam berbagai bahasa. Perusahaan OTOY menyebutkan bahwa aplikasi rendering GPU Octane X akan sepenuhnya dioptimalkan pada hari pertama untuk Mac baru tahun ini di Apple Silicon. Samuel, yang bekerja untuk slack, telah membuat build dev yang dapat diluncurkan dari Electron JS untuk Apple Silicon, yang menurutnya membutuhkan lebih banyak pekerjaan, dan kurang dari dua minggu kemudian, ia merilis versi kerja lain untuk Apple Silicon. Electron JS adalah aplikasi open source yang memungkinkan Anda membuat aplikasi desktop lintas platform dengan kode umum.

Steve Throughton Smith, pengembang lain, menyebutkan bahwa setelah WWDC tahun ini, jalan ke depan jauh lebih jelas daripada tahun lalu, dengan basis kode bersama di seluruh platform dengan pembelian universal yang ideal untuk sebagian besar pengembang, termasuk Apple.

Dia juga dapat dengan mudah menskalakan aplikasi buku audio Mac-nya untuk berjalan di iOS, dengan semua komponen SwiftUI utuh. Dan pengembang perangkat lunak lain memuji SwiftUI, mengatakan bahwa dia ingin membicarakan hal ini karena transisi adalah beberapa hal paling menarik dan mengasyikkan yang pernah dia lihat. Pada dasarnya, poin yang saya coba sampaikan adalah baru sebulan sejak pengembang mendapatkan kit transisi pengembang , dan sejauh ini, banyak pengembang sangat terkesan dengan kinerja dan kompatibilitas Apple Silicon, yang adalah kebalikan dari apa yang orang lain katakan. Jadi berdasarkan Apple yang bekerja dengan TSMC untuk membawa chip ARM top-of-the-line ke Mac mereka, dikombinasikan dengan pengembang yang sudah memuji Apple Silicon, terutama pengembang yang mengatakan Rosetta 2 bekerja jauh lebih baik daripada yang dia harapkan untuk menjalankan aplikasi x86 saat ini, ini transisi akan menjadi besar bagi Apple DAN bagi pelanggannya yang akan menikmati kinerja dan termal yang lebih baik daripada Intel Mac sebelumnya, selama bertahun-tahun ke depan.

Semoga Anda belajar sesuatu yang baru dari video ini, dan jika Anda melakukannya, lanjutkan dan ketuk tombol suka dan klik lingkaran di atas untuk berlangganan. Dan pastikan untuk melihat kaos Apple Silicon ARM kami tepat di bawah video ini. Terima kasih telah menonton, dan sampai jumpa di yang berikutnya!