Intel i7-12700K vs Ryzen 9 5900X - Best 12 Core CPU

Intel i7-12700K vs Ryzen 9 5900X – Best 12 Core CPU?

Intel Core i7-12700K dan AMD Ryzen 9 5900X keduanya merupakan CPU 12 inti, tetapi mana yang terbaik? Saya telah membandingkan kedua prosesor dalam game dan aplikasi untuk menunjukkan kepada Anda semua perbedaannya! Kedua CPU ini adalah jenis 12 bagian inti, tetapi ada lebih banyak cerita dari itu. Prosesor generasi ke-12 Intel menggunakan arsitektur hybrid dan memperkenalkan inti P dan inti E. Inti P, atau inti kinerja, pada dasarnya adalah inti reguler Anda seperti yang kami miliki sebelumnya, sedangkan inti E baru, atau inti efisien, adalah inti bertenaga rendah yang lebih kecil yang dapat menangani tugas latar belakang yang kurang penting, meskipun seperti yang akan Anda lihat nanti.

re pasti masih cukup mampu. Intel Core i7-12700K memiliki 8 core P yang memiliki hyperthreading, dan juga memiliki 4 core E yang tidak memiliki hyperthreading, yang berarti sebenarnya adalah chip 12 core 20 thread .

AMD Ryzen 9 5900X di sisi lain memiliki 12 core 24 utas, jadi 4 utas tambahan bersama dengan lebih banyak cache L3, meskipun Intel memiliki lebih banyak cache L2. Selisih harganya juga tidak terlalu besar. Sejak Intel meluncurkan gen ke-12, harga 5900X telah diturunkan menjadi $524 USD, namun 12700K masih lebih murah di $450, atau jika Anda tidak memerlukan grafik terintegrasi, Anda dapat menghemat tambahan $20 dengan versi KF.

Jadi 5900X berakhir dengan biaya $74 hingga $94 lebih banyak dibandingkan dengan opsi Intel berdasarkan apakah Anda melihat opsi K atau KF atau tidak. Tetapi begitu kami mempertimbangkan hal-hal seperti motherboard dan RAM, sistem Intel akhirnya lebih mahal, seperti yang akan Anda lihat segera. Jadi 5900X keduanya lebih mahal dan memiliki jumlah utas yang lebih tinggi, jadi jelas akan menang bukan? Anehnya itu tidak terjadi.

Memori DDR5 adalah perbedaan lain, karena Intel generasi ke-12 adalah yang pertama mendukungnya, dan sementara gen ke-12 juga mendukung memori DDR4 yang lebih lama, dukungan memori akan bergantung pada motherboard.

MSI telah mengirimkan motherboard Z690 Carbon WiFi mereka , yang mendukung dua memori Fury DDR5-5200 16 giga yang disediakan oleh Kingston, dan inilah pengujian Intel saya yang telah dilakukan. Kedua prosesor diuji dalam sistem yang sama, hanya motherboard dan RAM yang diubah tergantung pada platform. Kedua prosesor diuji dengan MSI’s Core Liquid S360 AIO karena memiliki dukungan untuk soket AM4 dan LGA 1700 gen ke-12, dan saya telah menggunakan pasta termal Noctua NT-H2 pada keduanya untuk hasil termal yang sebanding. Saya juga menggunakan Windows 11 untuk semua pengujian, karena itulah yang Intel rekomendasikan untuk menguji gen ke-12, karena penjadwal lebih memahami cara bekerja dengan inti P dan E, tetapi dikatakan Windows 10 masih berfungsi dengan baik pada gen ke-12 , tetapi jika saya sedang membangun sistem gen ke-12 baru hari ini, saya mungkin akan menggunakan Windows 11.

Juga seharusnya tidak ada masalah menjalankan Ryzen di bawah Windows 11, karena semua pengujian saya dilakukan dengan semua pembaruan di tempat yang diselesaikan lebih awal.

masalah kinerja. AMD mencatat bahwa mereka memverifikasi kinerja dengan pembaruan ini di bawah Windows 11, dan saya mengkonfirmasi hasilnya sangat dekat dengan ketika saya sebelumnya menguji 5900X di bawah Windows 10. Baiklah, mari masuk ke beberapa tolok ukur dan lihat bagaimana kedua prosesor sebenarnya membandingkan. Kami akan memulai dengan beban kerja produktivitas, penarikan daya, termal, lalu beralih ke game dan biaya per nilai bingkai sesudahnya. Mari kita mulai dengan Cinebench R23, karena ini adalah cara mudah untuk mendapatkan gambaran umum tentang kinerja single-thread dan multi-thread.

Skor multi core tidak terlalu jauh di sini, dengan skor 12700K hanya 4% lebih tinggi dari 5900X, namun ada perbedaan yang jauh lebih besar terlihat pada skor single core, di mana Intel i7 mencetak 19% lebih tinggi dari Ryzen 9 Kompilasi kernel Linux adalah satu-satunya tes yang saya lakukan di Linux daripada Windows 11. Ini adalah tes multi-thread, dan kali ini i7 sekitar 7% lebih lambat dari Ryzen 9, jadi sepertinya jumlah thread yang lebih tinggi di AMD membantunya mendapatkan kemenangan di sini. Blender diuji dengan benchmark Open Data. Ini adalah beban kerja multithreaded lainnya, namun meskipun demikian tes BMW yang lebih pendek diselesaikan beberapa detik lebih cepat pada i7.

Baca Juga :  Intel i5-10600K vs AMD Ryzen 5 3600 CPU Comparison

Hanya perbedaan kecil, dan pengujian Kelas yang lebih lama menghasilkan hasil yang lebih baik pada 5900X, sehingga hasil yang beragam tergantung pada beban kerja tertentu.

Benchmark V-Ray adalah beban kerja rendering multi-ulir berat lainnya, dan i7 sekitar 7% lebih lambat dalam hal ini. Benchmark Corona juga menggunakan prosesor untuk membuat adegan, tetapi kali ini i7 hampir 14% lebih lambat dibandingkan dengan 5900X, jadi tampaknya beban kerja rendering ini lebih baik memanfaatkan jumlah thread Ryzen yang lebih tinggi , atau mungkin cache L3 tambahan. . Rem tangan digunakan untuk mengonversi salah satu video ulasan laptop 4K 60 FPS saya menjadi 1080p.

Beban kerja ini juga bergantung pada lebih banyak inti dan utas, namun i7 menyelesaikan tugas 17% lebih cepat dibandingkan dengan Ryzen.

Adobe Premiere diuji dengan alat benchmark Puget Systems , dan ini menguji tugas pengeditan video seperti mengekspor, memutar, dan lainnya. Perbedaannya jauh lebih kecil di sini, pada dasarnya tidak ada perubahan sama sekali. Kesenjangannya sedikit lebih besar di DaVinci Resolve, yang merupakan beban kerja pengeditan video lainnya. I7 mendapat skor sekitar 10% lebih tinggi dari Ryzen dalam tes ini. Sekarang untuk beberapa tugas kantor, ini pada dasarnya adalah PCMark baru.

Microsoft Excel mendapat skor 20% lebih tinggi dengan i7, Microsoft Word mencetak 17% lebih tinggi dengan i7, Microsoft PowerPoint 15% lebih tinggi dengan i7, dan Microsoft Outlook 17% lebih cepat dengan i7, jadi jika Anda perlu mengirim beberapa email ASAP, Intel tampaknya cara untuk pergi. Saya telah menggunakan 7-Zip untuk menguji kecepatan kompresi dan dekompresi, dan ini adalah area di mana AMD secara tradisional mengalahkan Intel, dan itu masih terjadi di sini, mengingat 5900x hanya 5 setengah persen lebih tinggi dalam kompresi. Perbedaan besar terletak pada dekompresi, di mana 5900X unggul 51%, membuat i7 34% lebih lambat dalam beban kerja ini. Enkripsi dan dekripsi AES di sisi lain jauh lebih cepat di i7, lebih dari 71% di depan, perbedaan terbesar dari semua aplikasi yang telah saya uji.

Saya pribadi tidak mengandalkan skor Geekbench sama sekali, tetapi kalian memintanya dan i7 mencapai skor single core 12% lebih tinggi dan skor multi core 7% lebih tinggi.

Inilah cara Intel Core i7-12700K generasi ke-12 yang lebih baru dibandingkan dengan prosesor AMD Ryzen 9 5900X dengan keduanya berjalan pada kecepatan standar. Hasilnya dapat sedikit bervariasi tergantung pada beban kerja tertentu, tetapi secara umum , i7 menang dalam lebih banyak tes daripada kalah. Secara khusus, Intel tampaknya memiliki keunggulan besar dalam operasi AES di bagian atas, sementara AMD lebih baik dalam kompresi dan dekompresi, serta beban kerja gaya rendering seperti V-Ray, Corona dan Blender Classroom. Sejujurnya saya merasa mengesankan bahwa i7 bisa menang dalam begitu banyak tes multi-ulir karena memiliki jumlah utas yang lebih rendah, tetapi pada saat yang sama saya kira 5900X sekarang berusia satu tahun . Peningkatan kinerja dengan i7 tidak sia-sia, dalam pengujian Blender Classroom , sistem dengan 12700K yang terpasang menarik sekitar 29% lebih banyak daya dari dinding bila dibandingkan dengan 5900X, dan jika Anda ingat, Blender sebenarnya berkinerja lebih buruk pada i7 dalam tes khusus ini, jadi setidaknya sejauh Blender berjalan, AMD lebih efisien, meskipun ini kemungkinan akan berbeda dalam tes lain di mana i7 berada di depan.

Baca Juga :  Intel i9-9900K vs i7-8700K - Best Gaming CPU?

Lebih banyak daya umumnya sama dengan lebih banyak panas, yang dapat membantu menjelaskan 12700K yang lebih hangat, mengingat hasil ini tidak dapat dibandingkan secara langsung karena cara kedua prosesor menggunakan sensor untuk melaporkan suhu ke perangkat lunak berbeda. Jika kita melihat suhu yang dilaporkan oleh inti P dan E secara terpisah, kita dapat melihat bahwa inti E lebih dingin daripada inti P. Kita juga dapat melihat inti E mencapai 3,6GHz dalam beban kerja multi-ulir ini, sementara inti P lebih dekat ke 4,7GHz. Saya tidak repot-repot menguji dengan overclocking karena hasilnya akan selalu bervariasi tergantung pada lotere silikon, dan saya juga ingin mencatat bahwa saya biasanya menguji Adobe Photoshop tetapi sekarang crash ketika saya menjalankan benchmark pada gen ke-12, yang ternyata masalah yang diketahui.

Jadi pasti menunjukkan bahwa ada beberapa masalah awal dengan gen ke-12, tapi ya saya yakin aplikasi populer seperti ini akan ditambal dengan cukup cepat.

Baiklah sekarang mari kita bandingkan kedua prosesor di 10 game berbeda dengan 3 resolusi berbeda! Far Cry 6 diuji dengan benchmark game. Saya mendapatkan hasil 1080p di bagian bawah, 1440p di tengah, dan 4K di bagian atas, dengan hasil 12700K di atas hasil 5900X. Pada 1080p, 12700K mencapai kecepatan bingkai rata-rata 7% lebih tinggi jika dibandingkan dengan 5900X, namun rendah 1% memiliki peningkatan 18% yang jauh lebih besar, jadi pengalaman yang lebih stabil pada sistem Intel. I7 juga memiliki frame rate rata-rata 7% lebih tinggi yang masuk akal pada 1440p, maka tidak ada perbedaan pada 4K.

Rainbow Six Siege juga diuji dengan benchmark game, dan 5900X kali ini lebih baik, setidaknya pada resolusi 1080p yang lebih rendah . Ini tidak banyak perubahan, tapi hei menang menang, diberikan di lebih dari 500 FPS ini mungkin tidak akan menjadi perbedaan yang kebanyakan orang pedulikan. Cyberpunk 2077 diuji di Cina kecil dan hanya 3% lebih tinggi pada i7 pada resolusi 1080p yang lebih rendah, setidaknya dalam hal FPS rata-rata , sekali lagi seperti Far Cry, ada peningkatan 13% lebih besar yang terlihat di 1% terendah, jadi lebih sedikit penurunan pada sistem Intel.

Sekali lagi perbedaannya jauh lebih dekat pada 1440p, dan kemudian pada 4K Anda tidak akan dapat membedakannya saat bermain. Red Dead Redemption 2 diuji dalam benchmark game , dan pada dasarnya tidak ada perubahan sama sekali di sini, perbedaan 1 FPS dalam kasus terbaik , jadi mari terus bergerak.

Kontrol adalah gim berat GPU yang saya suka termasuk karena hanya membantu menunjukkan bahwa beberapa gim tidak akan melihat perbedaan dengan perubahan CPU, kinerja lebih bergantung pada komponen lain seperti GPU dalam gim ini. Microsoft Flight Simulator diuji dalam tantangan pendaratan di Sydney. Sekali lagi tidak ada yang terlalu berbeda di sini, beberapa perbedaan FPS pada 1440p dan itu saja. Watch Dogs Legion diuji dengan benchmark game . I7 memiliki kemenangan terbesar pada 1080p dari semua 10 game yang diuji dengan rata-rata frame rate 10% lebih tinggi, dan sekali lagi seperti beberapa yang lain, keuntungan 14% lebih tinggi dalam 1% rendah.

Kami kembali ke perbedaan kecil dalam Assassin’s Creed Valhalla, tetapi yang ini memiliki perbedaan terbesar pada resolusi 4K yang lebih tinggi dari semua 10 game yang diuji. Saya akui tidak ada gunanya menguji 4K dalam perbandingan CPU, tetapi saya ingin menunjukkan betapa sedikit perbedaannya daripada hanya memberi tahu Anda tentang hal itu.

F1 2021 juga diuji dengan benchmark game, sekali lagi tidak ada perbedaan pada 4K seperti yang biasanya kita harapkan, kemudian sedikit lebih banyak perbedaan pada resolusi yang lebih rendah, meskipun tidak banyak. Hanya untuk sedikit game lama, saya telah menguji Shadow of the Tomb Raider dengan benchmark game . Sekali lagi hanya perbedaan yang sangat kecil, hanya 1 FPS yang diunggulkan oleh i7 pada 1080p dan 1440p, margin kesalahan.

Baca Juga :  AMD Ryzen 5 3600 vs Intel i5-9600K - CPU Comparison

Saat membandingkan semua 10 game yang diuji pada 1080p , Intel Core i7-12700K hanya dua persen lebih cepat daripada rata-rata AMD Ryzen 9 5900X. Ada beberapa outlier meskipun, Rainbow Six Siege adalah satu-satunya permainan yang lebih baik di Ryzen, sementara i7 melihat kenaikan 10% di Watch Dogs Legion di bagian atas, tetapi begitu Anda rata-rata semuanya, perbedaannya cukup kecil. Melangkah ke resolusi 1440p yang lebih tinggi dan perbedaannya menjadi lebih kecil sekarang, dengan i7 1,6% lebih cepat dari Ryzen 9, jadi masih merupakan kemenangan bagi Intel, tetapi sejujurnya tidak ada yang mungkin Anda perhatikan saat menggunakan keduanya secara berdampingan dalam hal ini resolusi dalam banyak kasus.

Perbedaannya menjadi lebih kecil pada resolusi 4K yang lebih tinggi, yang diharapkan karena ketika Anda mendorong banyak piksel ini, GPU mengambil sebagian besar pekerjaan, jadi pemilihan prosesor pada dasarnya tidak masalah sama sekali. Jika kita memperhitungkan harga prosesor saat ini di Newegg maka i7-12700KF umumnya merupakan pilihan terbaik, setidaknya jika hanya mempertimbangkan prosesor.

Ini masuk akal, karena Intel melakukan sedikit lebih baik dalam kinerja game dan prosesornya juga lebih murah. Bahkan jika Anda membutuhkan grafis terintegrasi dengan Intel, itu masih berfungsi sebagai nilai yang lebih baik daripada AMD Ryzen 9 5900X – tentu saja dengan asumsi kami benar-benar hanya membandingkan CPU, yang tidak realistis. Generasi ke-12 Intel adalah platform baru, jadi Anda diharuskan membeli motherboard baru, dan saat ini Z690 adalah satu-satunya pilihan, meskipun seharusnya ada opsi yang lebih murah di masa mendatang, Anda dapat memeriksa harga terbaru dengan tautan di deskripsi video.

Ryzen akhirnya menjadi nilai yang lebih baik setelah seluruh biaya platform RAM dan motherboard juga dipertimbangkan, semuanya tidak terlalu buruk dalam permainan. Harga platform Intel dapat diturunkan sedikit jika kami menetapkan harga dalam memori DDR4, tetapi saya menghitung ini dengan DDR5 mengingat itulah yang telah saya uji.

Murni dalam hal kinerja CPU mentah, Intel i7-12700K bekerja dengan cukup baik. Maksud saya fakta bahwa itu memenangkan sebagian besar tes sementara juga secara teknis menjadi bagian 20 utas agak mengesankan, karena 5900X memang memiliki 4 utas lagi. Memang ini tidak selalu terjadi, karena kami memang melihat opsi Ryzen menang dalam sejumlah tes. Khususnya beban kerja gaya rendering 3D, mungkin karena mereka mengambil keuntungan lebih baik dari utas tambahan, dan sementara 5900X memang tampak lebih mahal pada pandangan pertama, setelah Anda memperhitungkan total biaya platform , opsi Intel saat ini lebih banyak.

Dan belum lagi bahwa Intel tampaknya membutuhkan lebih banyak kekuatan untuk mencapai keunggulannya.

I7 juga secara teknis lebih baik dalam hal bermain game, tetapi di sebagian besar game yang diuji perbedaannya tidak terlalu besar, jadi ya tergantung pada beban kerja, sepertinya semuanya bisa berjalan baik. Sejujurnya saya akan sangat senang menjalankan salah satu dari ini di mesin saya. Mengingat AMD 5900X sudah berumur satu tahun sekarang, secara pribadi saya lebih tertarik melihat opsi V-Cache baru mereka di awal 2022, jadi pastikan Anda berlangganan saluran ketika saya memasukkannya untuk pengujian, ada akan menjadi banyak perbandingan setelah mereka tiba.

Sementara Anda menunggu konten itu, datang dan lihat bagaimana Intel i5-12600K dan i9-12900K dibandingkan dengan AMD di salah satu video berikut, sampai jumpa di salah satunya!